Kumpulan Coret-Coret Tulisan

Bersikaplah Baik

sumber gambar: canva

Kali ini saya mau menulis orang dan masalah. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata masalah adalah sesuatu yang harus diselesaikan (dipecahkan). Bersosialisasi dengan beberapa orang membuat kita mengetahui sifat, kepribadian dan jiwa orang tersebut ketika mereka ada masalah. Walau sedang didera masalah, beberapa orang ada yang tetap ceria tanpa beban. Ada pula seseorang yang terkena masalah, mereka akan diam dan tidak ingin diganggu. Ada pula yang memilih makan banyak. Ada juga yang curhat ke mana-mana tiap kali dilanda masalah. Nah, di tulisan kali ini; saya mau mengeluarkan unek-unek tentang orang yang punya masalah tapi (ia atau mereka) malah emosian, marah-marah, bad mood, ketus, muka masam, menyalahkan orang-orang disekeliling yang tidak tahu apa-apa, dan berperilaku tidak menyenangkan lainnya.

Orang dengan tipe seperti ini mereka merasa paling menderita, merasa paling dirundung masalah, ingin selalu dimengerti, egois, berpikir pendek, menyalahkan orang lain, dan marah kepada orang lain sebagai pelampiasan atas kekesalannya. Orang hidup pasti punya masalah, apalagi masalah itu diakibatkan oleh ulahnya sendiri. Mengapa menyalahkan dan marah kepada orang lain jika sebenarnya orang tersebut marah terhadap dirinya sendiri atas ketidakmampuannya dalam menghadapi masalah?

Orang seperti ini berpikir jika dia yang hanya memiliki masalah paling besar. Tapi apakah tipe orang ini juga berpikir dan merenung jika orang-orang lain juga punya masalah. Orang-orang punya masalah, namun mereka menyikapi berbeda. Ada orang yang terlihat ceria namun ternyata masalahnya menggunung karena ia tidak mau menyebarkan aura negatif kepada orang di sekitarnya. Ada orang yang tetap bersikap baik, sabar dan tenang walau didera masalah. Jadi janganlah marah-marah, jangan merasa paling menderita, jangan merasa paling ingin dimengerti orang lain dan, jangan menyalahkan orang lain yang tidak tahu apa-apa bila sedang banyak masalah.

Bila ada masalah, cobalah merenung apakah masalah tersebut memang dibuat sendiri, lalu sadar diri, bersabar, mohon ampun kepada Tuhan bila selama ini memang banyak dosa sehingga Tuhan memberikan masalah dan cobaan hidup. Jangan malah marah-marah dan melampiaskan emosi kepada orang lain, ya? Karena setiap makhluk hidup pasti punya masalah dan cobaannya sendiri. Seperti kata kutipan yang didapat dari  dailyinspirationalquotes: You never know what people are going through and sometimes the people with the biggest smiles are struggling the most, so be kind.

Sekali lagi, jangan pernah merasa paling menderita dan paling penting ingin selalu dimengerti bila sedang ada masalah karena bisa jadi orang-orang disekelilingmu lebih banyak masalah dan cobaan hidup. Jangan egois. Jika sedang diberi masalah, janganlah marah dan menyalahkan orang lain atas ketidakmampuan. Cobalah refleksi diri, sabar, mohon ampunan dan minta pertolongan Tuhan. Sekian tulisan kali ini, walau saya nulisnya juga agak bingung tapi intinya seperti itu. Dan, terima kasih sudah membaca.

Tinggalkan komentar