Informasi · Kumpulan Coret-Coret Tulisan · Pengetahuan Umum

Efek Samping Suntik Endrolin Leuprolide Acetate

Endrolin Leuprolide Acetate merupakan obat berbentuk cair yang penggunaannya dengan cara disuntikkan ke pasien. Obat ini berfungsi untuk menekan pertumbuhan kista coklat di rahim. Biasanya setelah operasi kista coklat, dokter kandungan (Obgyn) akan menyarankan untuk terapi suntik Endrolin atau suntik Tapros. Terapi ini bertujuan untuk mencegah pertumbuhan kembali kista coklat setelah operasi. Menurut dokter kandungan, disebut kista coklat karena kista tersebut berwarna coklat yang rongganya berisi darah menstruasi lama seperti lelehan coklat. Kista coklat ini bisa berada di indung telur. Kista coklat bisa tumbuh satu atau menggerombol.

Setelah kista diangkat dari indung telur, kista perlu dibawa ke laboratorium untuk diteliti apakah kista coklat bersifat ganas atau tidak. Apabila kista coklat tidak bersifat ganas, untuk mencegah kista tumbuh lagi maka kista bisa diterapi suntik tapros begitu kata dokter kandungan. Saya bisa menulis seperti ini karena saya pernah didiagnosa dengan Kista Ovarium Bilateral Suspect Endometrioma dengan peradangan kronis.

Apabila terapi kista dengan menggunakan terapi suntik, maka sebelum diinjeksikan ke tubuh pasien, dokter akan melakukan pemeriksaan melalui USG. Dari USG tersebut dokter akan menentukan apakah kista coklat tersebut mudah tumbuh atau tidak mudah tumbuh. Apabila kista termasuk jenis yang tidak mudah tumbuh, maka pasien cukup disuntik sebanyak 3 kali. Namun bila kista coklat bersifat mudah tumbuh, pasien akan mendapat terapi suntik sebanyak 6 kali. Walaupun terapi ini dimaksudkan untuk mencegah pertumbuhan kembali kista coklat, namun kista bisa saja tumbuh walau sudah mendapat terapi suntikan. Hal ini bisa terjadi apabila daya tahan tubuh pasien lemah dan pola hidup yang kurang baik.

Nah, menurut pengalaman saya, setelah mendapat terapi suntik Endrolin sebanyak 3 kali, ada beberapa dampak yang dirasakan, seperti:

  • Rasa Pegal

pada proses penyuntikan ini tentu saja menimbulkan sensasi pegal ketika obat disuntikkan ke kulit, biasanya sih disuntikkan di pantat. Dalam jangka 2-3 hari, sensasi pegal masih terasa, apalagi kalau pas duduk;

  • Mudah Berkeringat

Tubuh menjadi mudah berkeringat ketika kita mendapat terapi suntik ini. Saya merasa panas dan keluar keringat walau bekerja di ruangan yang ber-AC. Untuk naik dan turun tangga saja, keringat keluar dengan mudah. Bahkan apabila tidur dengan rambut terurai, tubuh bisa berkeringat banyak. Untuk mengimbangi keringat yang keluar cukup banyak, kita bisa minum air mineral yang banyak pula supaya tubuh tidak kekurangan cairan

  • Tidak Haid

Kata dokter, efek dari suntikan Endrolin; yaitu haid yang terus menerus, atau keluar flek darah secara terus menerus, atau bahkan tidak haid sama sekali. Pada suntikan pertama, saya masih haid. Namun pada bulan-bulan berikutnya selama saya mendapat terapi ini, saya tidak haid.

  • Kondisi emosi yang tidak stabil (Moody)

Efek lain dari suntikan ini mempengaruhi kondisi emosi, apalagi bila pasien juga menderita depresi dan gangguan kecemasan; selama mendapat terapi ini, saya bisa sangat sedih sekali, marah, ketakutan, insecure, dll. Ketika hal ini terjadi, kamu bisa ceritakan apa yang kamu rasakan ke orang terdekat yang bisa dipercaya; seperti cerita ke pacar, cerita ke sahabat terdekat yang terpercaya, cerita ke ortu, cerita ke saudara, dll. Apabila kamu tidak ada bahu untuk bersandar dan tidak ada yang orang yang bisa mengerti dan mendengar ceritamu, kamu bisa menuliskan semua yang kamu rasakan dan kamu pikirkan di buku diary atau blog atau apa sajalah yang terpenting emosi kamu tersalurkan. Jangan pernah memendam emosi karena konon itu bisa memengaruhi kista

  • Sendi nyeri

Hal lain yang bisa terjadi di tubuh yaitu sendi yang terasa sakit. Selama mendapat suntikan ini tiba-tiba tangan kanan saya sering terasa nyeri yang datang dan pergi

  • Kulit mudah gatal

Selain efek-efek di atas, kulit terasa gatal. Dalam keadaan bersih setelah mandi, kulit juga terasa gatal di muka, di perut, di punggung, di bahu, dll. Agar kulit tidak lecet karena digaruk, saat kulit gatal maka bisa dioleskan minyak untuk meredakan rasa gatal

  • Muncul Jerawat

Terapi suntikan ini akan menimbulkan jerawat kecil-kecil di muka. Awalnya, muka saya tidak pernah jerawatan. Setelah mendapat terapi ini, muncul jerawat kecil-kecil di pipi, di dahi, dan daerah T wajah. Selain itu kulit muka juga kering dan kusam. Untuk menekan jerawat agar tidak tambah membesar, maka kita bisa oleskan obat jerawat.

Untuk sementara ini, efek-efek tersebut yang muncul setelah mendapat terapi suntik Endrolin Leuprolide Acetate. Dan, untuk para wanita yang mengalami hal serupa, jangan pernah putus asa dan bersedih ya. Tetap berjuang dan survive! Besok kalau ada hal yang sekiranya perlu saya tulis dan bisa menambah informasi, maka akan saya tambahkan di blog ini. Terimakasih sudah membaca tulisan ini, ya…xoxo

17 tanggapan untuk “Efek Samping Suntik Endrolin Leuprolide Acetate

  1. Ak juga uda suntik yang kedua, tp sejauh ini efek yg gabisa terkendali itu moody, gaenak bgt sedih bgt, marah bgt tp gajelas huhu

    Suka

  2. Salam.kenal, sya juga lg terapy suntik endrollin ,krn akista dan miom drahim, suntik pertma pemdarahan berat smpai dbantu pakai obat mnum untuk mengurangi pendarahan yang gak berhenti2 sejak 3 hr setelah dsuntik.
    Bulan ini suntikan kedua dan ambyaarr 5 hr kmudian kluar cairn coklat dan tanda2 haid lagi
    Entah lah rsx trauma vanget krna suntik pertma haidx tdk mau berhenti
    Rsx pengen nangis , tp suntikan hrs tetap dilanjutkan minimal smpai 3 kali 😥😥😥
    Ada yg punya pengalaman ky saya juga yaa

    Suka

  3. Saya malah susah tidur ( insomania ), badan jadi lemas karena susah tidur. Keringat terus, bahkan diruang ber ac juga gerah rasanya. Pokoknya serba gak enaklah. Sehat2lah kita selalu

    Suka

  4. halo kak,

    sejak suntik, kembali haid di bulan ke berapa ya kak?

    dan pada saat pengobatan, apakah sempat di USG juga ovariumnya?

    terima kasih kak

    Suka

    1. Halo kak. Haid kembali 2 bulan setelah berhenti terapi.

      Iya sempat USG setelah suntik ke 3. Itu untuk melihat efek dari suntik endrolin. Setelah USG lanjut lagi suntik endrolin. Maksimal 6 kali, kak. Kata obgyn

      Suka

      1. cepat juga ya kak kembali haidnya 🙂 saya sebenarnya suntik endrolin karena dokter melihat radang di ovarium saya, lalu mau lanjut ke proses bayi tabung. tapi di USG di ovarium, telurnya belum muncul-muncul. jadi dokter bingung, saya bingung… jadi saya hanya berharap supaya saya segera dapat haid. Terakhir suntik 18 desember 2020. Mungkin metabolismenya setiap orang berbeda-beda ya

        terima kasih banyak kak, blognya sangat bermanfaat 🙂

        Suka

  5. Iya nih. Saya jg lg terapi suntikan Tapros krn ada miom kecil di rahim saya. Saya blm punya anak dgn usia pernikahan hampir 3 thn. Efek yg paling saya rasain sih wajah jd penuh dgn jerawat kecil-kecil lalu mens saya jadi maju seminggu dari jadwal dan berhentinya cukup lama (biasanya 6 hari udah kelar ini sampe 8 hari msh keluar darah mens).

    Kira2 akan kah berhenti semua efek itu jika terapi suntikannya berhenti??

    Suka

Tinggalkan komentar