​Mengirim Kartu Pos ke USA

Tinggalkan komentar

Oktober 5, 2017 oleh nugraheniismyname

Pada suatu hari saya sebal dan jengkel. Kalau sudah begitu, pikiran macam-macam muncul. Lalu muncullah pikiran untuk mengatasi rasa sebal dan jengkel tersebut. Pikiran itu adalah mengirim kartu pos ke USA, ceritanya nanti mau tukar-tukaran prangko. Kalau mau kirim kartu pos tentu saja harus punya alamat yang dituju. Lalu terbersit pikiran untuk mengirim kartu pos ke seseorang yang tinggal di USA, rumahnya ada di Milford.

Selasa pagi, sebelum masuk kerja. Saya pergi ke kantor pos besar di daerah saya tinggal. Kantor pos buka jam tujuh pagi. Saya sampai di kantor pos sekitar jam delapan kurang seperempat menit. Kantor masih sepi. Hanya ada beberapa pengunjung. Tatkala saya injakkan kaki di ambang pintu kantor pos, saya amati keadaan sekitar lalu saya menuju ke kantor pos bagian filateli. Di dekat situ ada customer service. Kaki langsung mendekati Mbak CS, saya bilang kalau saya mau beli kartu pos.

Dengan senyum yang ramah, Mbak CS mengajak saya ke rak kaca yang tertutup rapat. Ia menerangkan macam-macam kartu pos yang ada di rak kaca. Ada kartu pos bergambar tarian khas Indonesia, kartu pos bergambar makanan khas Indonesia, kartu pos bergambar pemandangan alam Indonesia yang cantik, dll. Pilihan saya jatuh pada kartu pos bergambar pemandangan alam Indonesia. Satu wadah terdiri dari 4 lembar kartu pos; kartu bergambar pemandangan Mandalika, Danau Toba, Bromo, dan Labuan Bajo. Harga 4 kartu pos yaitu Rp 12.000,00.

Saat kartu pos ada di tangan saya, Mbak CS menerangkan prangko yang harus ditempel di kartu pos. Ia menunjukkan macam-macam prangko, hingga akhirnya ia menerangkan prangko prisma, prangko dengan gambar diri kita sendiri. Saya tertarik dengan jenis prangko ini, dan sayapun membuat prangko prisma bergambar diri saya sendiri. Harga membuat prangko prisma yaitu Rp 32.000,00. Akhirnya saya tukar-tukaran nomer WA sama Mbak CS. Dia meminta agar saya mengirim foto diri lewat WA. Foto itu akan dibuat prangko.

Setelah foto dikirim, saya menunggu hasil cetakan. Saya duduk di depan meja CS, sambil duduk tentu saja saya ngobrol dengan Mbak CS. Dia bilang kalau biaya prangko ke Amerika sebesar minimal Rp 8.000,00 saja. Tapi berhubung tiap prangko seharga Rp 3.000,00. Saya harus menempel 3 prangko di kartu pos. Untuk seseorang ini, saya pilihkan kartu pos bergambar Mandalika. Masih sambil menunggu, saya diminta menulisi bagian belakang kartu pos. Bagian itu harus ditulisi pesan untuk penerima kartu pos, alamat penerima kartu pos, dan alamat pengirim. Bagian pesan ditulis di bagian atas kartu. Alamat penerima ditulis di bagian kanan bawah dan alamat pengirim ditulis di bagian kiri bawah kartu pos. 

Mbak CS juga bercerita kalau ada prangko yang bekerja sama dengan Korea Selatan, ada juga prangko khusus hari batik, dll. Lalu saya tidak mau kalah, saya cerita kalau saya punya album yang berisi prangko-prangko yang saya kumpulkan sejak SD. Ada prangko bergambar Pak Suharto, ada prangko dari Malaysia, dll. Mbak CS menimpali kalau ada juga anak yang senang mengirim kartu pos ke luar negeri. Anak ini punya teman di India. Jadi dia lebih sering bertukar prangko dengan temannya yang ada di India. Kalau kirim kartu pos ke India, biaya prangko sekitar Rp 6.000,00.

Sekitar 20 menit menunggu, prangko bergambar diri saya sendiri akhirnya jadi juga. Mbak CS menempel 3 prangko prisma bergambar diri saya sendiri di bagian kanan atas kartu pos. Dan kartu siap dikirim. Jadi kalau kamu hobi filateli, mengirim kartu pos sangat mudah dan murah serta menyenangkan. Kalau lancar, 6 hari kemudian, kartu pos akan sampai ke USA. Kita tunggu saja apakah kartu pos sampai dengan selamat? Nanti kalau kartu pos sampai dengan selamat hingga ke USA, Insya Allah saya tulis di sini.

Tinggalkan Balasan

Kalender

Oktober 2017
S S R K J S M
« Jul    
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Klik tertinggi

  • Tidak ada

Top Rating

HTML hit counter - Quick-counter.net
free counters
free counters

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 17 pengikut lainnya

Blog Stats

  • 220,228 hits
