Antiinflamasi dari Pulau Sumbawa

Tinggalkan komentar

September 4, 2016 oleh nugraheniismyname

image

Antiinflamasi disebut juga antiradang. Antiradang berfungsi meredakan nyeri, menurunkan panas, dan mengurangi peradangan. Saya menulis ini karena saya menderita penyakit radang yang selalu kambuh.

Radang sendi dan radang tenggorokan sering saya alami. Radang sendi menyerang sejak saya masih anak-anak. Pada umur 15 tahun, awal saya terkena radang sendi. Kalau dipikir-pikir, radang sendi itu penyakit manula. Tapi pada kenyataannya anak-anak juga bisa menderita radang sendi.

Radang sendi menyerang semua sendi yang ada di tubuh, mulai dari sendi di ujung kaki hingga sendi yang ada di kepala. Saya pernah mengalami keadaan di mana semua sendi meradang (sendi meradang simetri) seperti: sendi di sekitar tumit kanan dan kiri, 2 lutut sendi, sendi di pangkal paha kanan dan kiri, sendi punggung, sendi bahu, sendi siku tangan kanan dan kiri, sendi jari-jari tangan kanan dan kiri, bahkan rahang. Dalam kondisi ini semua sendi terasa sakit, nyeri, panas, membengkak, kaku, dan kalau digerakkan sakitnya bukan main. Saat semua sendi meradang ini, saya tidak bisa bergerak. Kalau kontrol ke dokter saraf, saya harus dibantu 2 orang untuk menahan badan supaya tidak ambruk.

Radang sendi bisa kambuh kapan saja sesuka hati radang sendinya. Yang paling sering terjadi yaitu radang sendi akan kambuh kalau saya banyak bergerak, makan telur, makan sayur hijau tua, cuaca dingin, atau berada di satu posisi yang sama selama berjam-jam. Kadang tidak melakukan apa-apa, radang juga bisa kambuh.

Berhubung radang sendi ini sudah menyertai hidup saya sejak kecil, maka saya sudah terbiasa. Kalau dalam kondisi yang sangat parah, semua sendi meradang seperti yang pernah saya ceritakan tadi. Untuk mengatasinya, saya harus kontrol rutin tiap bulan ke dokter saraf. Setelah rajin kontrol, kondisi sendi membaik. Tapi efek lain dari minum obat yaitu lambung saya terganggu.

Sekarang ini, radang sendi masih sering kambuh seperti misalnya: kalau saya banyak bergerak maka sendi lutut atau sendi di pangkal paha akan nyeri, dan badan saya akan sakit semua dan lelah sekali. Kalau duduk dalam posisi yang lama sekali, sendi tulang belakang yang nyeri. Kalau cuaca dingin, sendi rahang akan kaku. Kalau banyak makan telur atau jeroan, sendi di jari-jari juga nyeri dan kaku. Terkadang juga tiba-tiba sendi lutut bisa terasa gatal dari dalam.

Hidup dengan penyakit tersebut membuat saya berpikir bagaimana mengantisipasi radang apabila muncul tanda-tanda radang akan kambuh. Sebelum radang menyebar, saya harus membuat cara pencegahan yang cukup manjur. Setelah bertahun-tahun melakukan percobaan pada diri sendiri, saya menemukan cara yang lumayan memberi dampak positif bagi kesehatan sendi saya. Jadi, kalau sendi mulai terasa nyeri seperti ditusuk-tusuk, saya langsung meminta diruqyah sama bapak. Setelah diruqyah, saya akan membuat ramuan sederhana yang terbuat dari 2 bahan: MENTIMUN dan MADU SUMBAWA.

Bagaimana sejarahnya saya bisa menemukan ramuan tersebut. Begini sejarahnya, pada suatu ketika saya menulis buku kedua saya yang bertemakan mentimun. Alhamdulillah buku kedua saya tersebut sudah terbit dengan judul RAJA OBAT ALAMI: MENTIMUN KHASIAT A—Z UNTUK KESEHATAN DAN KECANTIKAN.
image

Pada saat saya menulis buku tersebut, saya menemukan informasi bila mentimun bisa digunakan untuk terapi pada orang yang menderita arthritis atau disebut juga radang sendi. Sebagai orang yang menderita arthritis terutama jenis osteoarthritis (kata dokter saraf), saya berniat membuktikan tulisan saya sendiri.

Madu Sumbawa, sesuai namanya tentu saja madu tersebut berasal dari Pulau Sumbawa. Sebaiknya menggunakan madu asli dari sana. Saya bisa mengonsumsi madu tersebut karena adik saya bekerja di Sumbawa. Saat pulang kampung, adik saya membawa madu berkhasiat tersebut. Dia juga tidak sungkan-sungkan mengirimkan paket berisi madu dari Sumbawa ke rumah. Adik saya termasuk adik yang cukup berbakti memang.xoxo.

Oiya, sepengetahuan saya, madu Sumbawa ada yang berwarna putih dan ada yang berwarna keemasan. Bedanya antara dua madu tersebut yaitu madu putih rasanya lebih enak. Tapi baik madu putih atau madu yang keemasan, dua-duanya sama-sama berkhasiat.
image

Kembali ke radang sendi… Radang sendi yang kambuh-kambuhan itu membuat saya punya ide untuk mengobati diri sendiri ketika sendi terasa nyeri dan panas. Jadi, kalau sendi lutut atau sendi pangkal paha terasa panas dan terasa nyeri seperti ditusuk-tusuk jarum, seperti yang sudah saya ceritakan tadi, saya akan meminta diruqyah oleh bapak saya. Saya meminta bapak saya untuk meruqyah karena beliau turut andil dalam menghadirkan saya di bumi ini. Secara otomatis bapak saya juga harus bertanggungjawab terhadap sakit radang sendi saya.

Setelah diruqyah, dengan langkah yang pincang, saya akan membuat ramuan antiradang sendi. Berikut ini langkah-langkahnya,

Siapkan bahan-bahan: mentimun organik ukuran sedang 1 buah dan madu asli Sumbawa 2 sendok makan

Cara membuat:

  • Mentimun dicuci bersih lalu dipotong-potong (kulit mentimun jangan dikupas);
  • Masukkan potongan mentimun ke blender lalu tambahkan air setengah gelas;
  • Blender mentimun hingga menjadi bubur;
  • Saring bubur mentimun untuk diambil airnya saja;
  • Tambahkan dua sendok makan madu Sumbawa;
  • Aduk campuran air mentimun dan madu Sumbawa hingga tercampur rata;
  • Bila menggunakan juicer, ambil air sari mentimun lalu tambahkan madu Sumbawa 2 sendok makan. Aduk air sari mentimun dan madu Sumbawa hingga tercampur rata;
  • Minum ramuan tersebut segera setelah selesai dibuat;
  • Sebaiknya ramuan diminum segera pada waktu pertama kali sendi terasa nyeri, setelah itu minum ramuan tiap pagi hari setelah bangun tidur sebelum makan.

 

Cara-cara di atas sangat manjur diterapkan pada diri saya. Sejak menemukan ramuan itu, akhir-akhir ini saya jarang pergi ke dokter saraf karena sendi tidak jadi kambuh setiap kali saya minum ramuan mentimun dan madu Sumbawa tadi. Ramuan mentimun dan madu Sumbawa bisa sebagai antiradang bagi diri saya sendiri. Bila di antara kamu ada yang menderita penyakit yang sama, tidak ada salahnya mencoba. Namun bila hasilnya berbeda, harap dimengerti karena tiap tubuh manusia memiliki reaksi yang berbeda-beda terhadap sengala bentuk pengobatan.

Itu tadi tulisan ramuan mentimun dan madu Sumbawa untuk meredakan radang sendi. Sekarang saya mau menulis tentang ramuan untuk radang tenggorokan.

Selain menderita radang sendi, terkadang saya juga diserang radang tenggorokan. Bila saya terkena radang tenggorokan, tenggorokan saya akan terasa gatal, nyeri, sakit untuk menelan, badan panas, telinga dan hidung juga ikut nyeri, dan gatal. Biasanya radang tenggorokan menyerang bila saya terpapar banyak debu, minum minuman yang tidak bersih, makan makanan yang tidak bersih, dll.

Nah, bila radang mulai terasa tidak enak, saya akan membuat ramuan antiradang tenggorokan. Berikut ini langkah-langkahnya…

Siapkan bahan-bahan: jeruk segar 2 buah dan madu Sumbawa

Cara membuat:

  • Jeruk diperas dan diambil air dan bulir-bulirnya saja, bijinya dibuang;
  • Campurkan air sari jeruk dan bulir-bulir jeruk dengan madu Sumbawa 2 sendok makan;
  • Minum ramuan tersebut segera setelah selesai dibuat;
  • Minum ramuan segera setelah tenggorokan terasa tidak enak, lalu terapi dilanjutkan pada pagi harinya dengan meminum ramuan setelah bangun tidur di pagi hari sebelum sarapan.

 

Biasanya setelah saya minum ramuan tersebut. Saya tidak jadi terkena radang tenggorokan. Ramuan ini juga manjur bila saya mau batuk atau mau flu. Bila di antara kamu ada yang menderita penyakit yang sama, tidak ada salahnya mencoba. Namun bila hasilnya berbeda, seperti yang saya tuliskan sebelumnya, kamu harap mengerti karena tiap tubuh manusia memiliki reaksi yang berbeda-beda terhadap sengala bentuk pengobatan.

Sekian dulu tulisan kali ini, kalau ada sesuatu yang dirasa bermanfaat, saya akan menulis lagi. Sampai jumpa di tulisan berikutnya ya…

Tinggalkan Balasan

Kalender

September 2016
S S R K J S M
« Agu   Okt »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  

Top Rated

HTML hit counter - Quick-counter.net
free counters
free counters

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 15 pengikut lainnya

Blog Stats

  • 171,062 hits
