Memanen Mentimun

Tinggalkan komentar

Juni 9, 2016 oleh nugraheniismyname

Tanaman Mentimun

Tanaman Mentimun


Pada tulisan sebelumnya, saya menulis tentang bagaimana cara menanam sayur mentimun tanpa menggunakan bahan kimia https://nugraheniismyname.wordpress.com/2016/05/21/menanam-mentimun-di-pot-tanpa-bahan-kimia/. Setelah tanaman mentimun berbuah, maka tahap selanjutnya adalah memanen mentimun. Mentimun bisa dipetik dalam kondisi buah masih muda. Ciri buah mentimun muda yaitu ukuran mentimun tidak terlalu panjang dan tidak terlalu besar. Apabila dimakan, buah terasa renyah dan biji masih empuk.

Mentimun Muda

Mentimun Muda

Mentimun juga bisa dipetik jika buah sudah agak tua. Ciri mentimun agak tua yaitu ukuran buah panjang dan besar. Bila dimakan, mentimun agak tua juga terasa renyah, namun biji terasa agak keras.

Mentimun Agak Tua 1

Mentimun Agak Tua 1

Mentimun Agak Tua 2

Mentimun Agak Tua 2

Untuk memetik mentimun sangat mudah. Kita hanya perlu mengiris tangkai buah mentimun dengan pisau yang tajam. Jangan menggunakan pisau yang tumpul karena bisa saja merusak bagian tanaman lain, mengingat tanaman mentimun adalah tanaman yang rapuh dan mudah patah atau rusak bila diperlakukan dengan kekerasan. Gunting khusus untuk tanaman yang tajam juga bisa digunakan untuk memisahkan buah mentimun dengan tanaman.

Pada saat tangkai buah mentimun telah diiris maka akan ada tetesan air yang keluar dari tangkai. Setelah saya pikirkan dan saya renungkan dalam-dalam, tetesan air itu mungkin asupan makanan dan minuman untuk buah mentimun. Asupan makanan dan minuman berasal dari mana? Tentu saja berasal dari akar yang mengambil air dan pupuk organik di media tanam. Pada saat tangkai buah dipotong ini maka terputus pula asupan makanan dan minuman untuk buah. Dan, semakin lama tangkai buah yang telah dipotong ini akan mengering dan jatuh ke bumi.

Tangkai Mentimun

Tangkai Mentimun

Jika kita telah memanen mentimun, maka tahap selanjutnya adalah bagaimana cara menggunakan mentimun tersebut. Ada banyak sekali kegunaan mentimun, seperti: mentimun untuk perawatan kulit, mentimun untuk masakan, mentimun untuk minuman, mentimun untuk membersihkan kaca, dll. Kita bisa langsung menggunakan mentimun begitu mentimun baru saja dipetik. Namun, terkadang kita ingin menyimpan mentimun terlebih dahulu. Agar mentimun tidak mudah berkeriput yang bisa menyebabkan kandungan air berkurang, maka kita bisa membungkus mentimun dengan plastik kedap udara.

Mentimun segar yang dibungkus dengan plastik kedap udara biasanya memiliki daya tahan yang lama jika dibandingkan dengan mentimun segar yang dibiarkan saja di ruang terbuka. Setelah dibungkus dengan plastik kedap udara, maka masukkan mentimun ke kulkas. Cara lain yaitu masukkan mentimun ke wadah yang tertutup rapat, lalu masukkan wadah ke kulkas. Namun ada baiknya mengonsumsi mentimun dalam keadaan segar atau baru saja dipetik. Hal ini karena mentimun segar masih memiliki kelengkapan kandungan zat yang bermanfaat.

Mentimun di Dalam Wadah

Mentimun di Dalam Wadah

 

Berikut ini ada sedikit tambahan manfaat mentimun…

Mentimun untuk Merawat Kulit Wajah

Bahan-bahan: ¼ mentimun segar dan madu Sumbawa

IMG_4622

Cara menggunakan: mentimun diblender atau diparut setelah itu tambahkan madu Sumbawa sebanyak 1 sendok teh. Campurkan bahan-bahan tersebut hingga rata. Setelah itu cuci muka dengan air hangat, lalu bersihkan muka dari air dengan cara menepuk-nepuk lembut kulit wajah dengan handuk bersih. Saat kulit telah dikeringkan, oleskan campuran mentimun dan madu Sumbawa ke kulit wajah, dan biarkan selama 30 menit. Bilas muka dengan air dingin, dan keringkan muka dengan cara menepuk-nepuk lembut kulit wajah dengan menggunakan handuk bersih dan lembut. Sebaiknya cara ini dilakukan pada malam hari sebelum tidur secara teratur 2—3 kali seminggu.

 

Mentimun untuk Kesehatan pada saat Datang Bulan

Ada beberapa wanita yang sering merasa kesakitan menjelang datang bulan. Untuk mengurangi rasa nyeri menjelang datang bulan maka campuran mentimun dan madu Sumbawa bisa dikonsumsi. Cara mengonsumsi yaitu ambil mentimun 1 buah dan madu Sumbawa 2 sendok makan. Mentimun diambil airnya dengan menggunakan juicer; bila tidak punya juicer maka mentimun bisa di-blender atau diparut, lantas peras bubur mentimun untuk diambil airnya. Air murni mentimun tersebut ditaruh di gelas, lalu campurkan madu Sumbawa 2 sendok makan. Minum air mentimun dan madu Sumbawa tersebut menjelang waktu datang bulan secara teratur.

 

Mentimun untuk Penderita Radang Sendi (Arthritis)

Mentimun dan madu Sumbawa bisa digunakan untuk membantu meredakan nyeri sendi. Apabila kamu penderita nyeri sendi menahun dan selalu kambuh di mana saja dan kapan saja, maka minum campuran air mentimun dan madu Sumbawa 2 sendok makan bisa membantu meredakan nyeri sendi. Caranya yaitu ambil mentimun ukuran besar lalu diambil airnya saja, air mentimun tersebut dicampur dengan madu Sumbawa 2 sendok makan. Minum campuran tersebut secara teratur setiap minggu. Sebaiknya air murni mentimun dan madu Sumbawa tersebut diminum pagi hari setelah bangun tidur dan sebelum sarapan. Namun bila ada gejala radang sendi yang membuat tubuh tidak bisa bergerak, segera periksakan diri ke dokter spesialis.

 

*Berhubung mentimun ditanam tanpa menggunakan bahan kimia, ada baiknya mengonsumsi mentimun bersama dengan kulitnya. Hal ini karena kulit mentimun mengandung zat-zat yang banyak bermanfaat bagi tubuh. Jika ingin mengonsumsi mentimun, mentimun hanya perlu dicuci hingga bersih. Kulit tidak perlu dikupas.

*Peringatan: tulisan mengenai manfaat mentimun di atas hanya sekedar informasi yang pernah dialami penulis. Apabila ada kondisi kesehatan yang dirasa mencurigakan, harap hubungi dokter spesialis yang berkualitas.

 

Selain khasiat-khasiat di atas, masih banyak sekali khasiat lain mentimun. Kamu bisa mengetahuinya di buku ini,
image

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kalender

Juni 2016
S S R K J S M
« Mei   Jul »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Top Rated

HTML hit counter - Quick-counter.net
free counters
free counters

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 15 pengikut lainnya

Blog Stats

  • 171,062 hits
%d blogger menyukai ini: