Hasil Menanam Mentimun di Media Zeolit

Tinggalkan komentar

Mei 21, 2016 oleh nugraheniismyname

IMG_4091

Pada tulisan yang terdahulu, saya menulis tentang bagaimana cara menanam mentimun organik dengan menggunakan media tanam zeolit. Seiring berjalannya waktu, ternyata tanaman mentimun susah tumbuh. Apa yang menyebabkan tanaman mentimun susah tumbuh pada waktu itu?

  1. Pada waktu itu saya menanam pada musim penghujan sehingga tanaman tidak mendapat cahaya matahari yang cukup karena setiap hari hujan;
  2. Pada dasarnya media tanam yang cocok untuk pertumbuhan mentimun yaitu media tanam yang gembur. Mungkin karena sesuatu hal atau memang karena ketidakmengertian saya sendiri, tanaman mentimun yang saya tanam di zeolit tidak bisa tumbuh dengan baik. Hal ini ditandai dengan daun-daun baru susah tumbuh. Memang daun tumbuh namun perkembangannya lama sekali. Selain itu, batang mentimun juga lama sekali tumbuhnya. Tanaman mentimun pun menjadi hidup segan mati tak mau;
  3. Daun dimakan hama. Ada semacam ulat sangat kecil berwarna putih yang memakan daun-daun. Walau berbentuk ulat, tapi hama itu bisa terbang. Hama yang memakan daun-daun itu meninggalkan guratan panjang seperti rel kereta api;
  4. Kata ayah saya, tanaman mentimun di zeolit ini susah tumbuh karena saya terlalu sering menyiram dan terlalu sering memberi pupuk;
  5. Selain itu, ayah juga menyarankan supaya media tanam zeolit dicampur dengan tanah agar tanaman mentimun bisa tumbuh baik;
  6. Berhubung daun-daun muda mentimun dimakan hama, maka lama kelamaan daerah di pinggiran daun mengering;
  7. Daun muda berkeriting dan mengerut. Kejadian ini bisa terjadi karena daun muda disemprot dengan pupuk cair organik. Bila daun masih muda, sebaiknya jangan disemprot langsung dengan pupuk;
  8. Saat tanaman mentimun susah tumbuh, maka saya memutuskan membuang tanaman yang juga diserang hama tersebut. Dan, akhirnya memutuskan menanam mentimun dengan cara lain.

 

Walau pada saat saya mencoba menanam mentimun di zeolit mengalami kegagalan, namun saya berusaha mencoba menanam mentimun dengan cara lain. Media zeolit masih tetap saya gunakan, tapi zeolit dicampur dengan tanah. Selain itu, saya juga berusaha agar pupuk dan pestisida yang akan digunakan yaitu pupuk cair organik dan pestisida organik juga. Bagaimanakah cara Menanam Mentimun di Pot tanpa Bahan Kimia? Caranya akan saya beri tahu di tulisan berikutnya di blog ini juga.

Tinggalkan Balasan

Kalender

Mei 2016
S S R K J S M
« Mar   Jun »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Top Rated

HTML hit counter - Quick-counter.net
free counters
free counters

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 15 pengikut lainnya

Blog Stats

  • 171,062 hits
