Lomba Makan Durian

2

Februari 1, 2016 oleh nugraheniismyname

IMG_3926

Kemarin pada tanggal 31 Januari 2016, ada Lomba Makan Buah Durian di Kaligono, Kaligesing, Purworejo. Sebenarnya saya agak malas lihat, tapi berhubung sepertinya ramai sekali, saya lihat-lihat juga akhirnya. Sampai di depan Balai Desa Kaligono, ada kerumunan manusia. Pepatah bilang, “Ada gula, ada semut”. Nah, kalau ini “Ada durian, ada manusia”. Saya juga sering keheranan dan bertanya-tanya dalam hati, “Mengapa sebagian besar orang suka buah durian?” Padahal bau durian itu menyengat; dan kalau terlalu lama mencium bau durian itu, maka bisa menyebabkan sakit kepala, bingung, dan emosi. Lol. Tapi pada dasarnya, durian itu jangan dicium baunya, tapi langsung dimakan saja daging buahnya.

IMG_3930

Sambil menyempil di kerumunan manusia, yah walau bau keringat orang-orang, saya coba usaha lihat para peserta lomba. Tapi semakin mendekat malah bau durian semakin menyengat. Saya jadi melankolis, bayangkan saya malah teringat adik saya yang jauh di luar pulau di luarnya lagi. Jadi kalau dari Jawa, tempat adik saya tinggal sekarang ini dipisahkan 2 pulau alias dia sekarang ada di Pulau Sumbawa. Adik saya ini suka sekali dengan buah durian. Kalau ada buah durian, dia langsung memimpin di barisan terdepan untuk menghabiskan buah yang tidak mudah dibuka kulitnya itu. Membuka kulit durian memang tidak mudah bagi orang-orang yang kurang terampil dengan buah ini, termasuk saya.

IMG_3941

Tidak sampai di situ, di arena lomba, saya juga bertemu dengan Bapak-Bapak yang Berbaju Kamuflase. Ini semakin menambah kemurungan karena bapak-bapak itu pun mengingatkan saya pada adik saya. Saya jadi sedih karena lama tidak bertemu dengan adik saya. Bayangkan bagaimana tidak sedih? Dari dia kecil, saya gendong-gendong dia. Kalau dia ada PR, saya yang diminta kerja sama untuk membantu mengerjakan PR. Belum lagi kalau pergi-pergi pasti sama dia. Kalau ngobrol sama dia pasti selalu nyambung. Selera musik saya dan adik juga mirip. Yah pokoknya, saya menjadi orang yang kesepian setelah dia berada di Pulau Sumbawa.

IMG_3946

Sebenarnya arah tulisan ini mau ke mana? Mau curhat tentang adik atau menulis tentang Lomba Makan Durian? Oke baiklah, saya ceritakan kembali tentang Lomba Makan Durian. Durian di Desa Wisata Kaligono memang enak. Kalau liburan akhir tahun kan biasanya bersamaan dengan musim durian. Nah, pada waktu-waktu itu banyak sekali manusia yang berbondong-bondong ke Kaligono. Itu bisa terlihat dari carut-marut kendaraan yang masuk ke Kaligono, lol. Selain itu, ada ribuan penjual buah durian yang buka lapak di sepanjang jalan, xo. Sekedar saran, kalau mau beli buah durian itu lebih baik langsung mendarat di petaninya langsung. Hal ini karena harga buah durian lebih murah dan bisa diuji kualitas rasa dan sensasinya. Oiya satu lagi, memilih buah durian yang sebagiannya telah dimakan binatang bajing juga enak. Sepertinya jenis binatang itu lebih tahu buah durian yang enak. Oleh karena itu, bajing selangkah lebih maju dibanding manusia.

IMG_3948

Lomba Makan Durian juga semakin ramai setelah penyanyi-penyanyi dangdut tampil. Saya sebenarnya heran. Mengapa kalau ada acara, selalu ada acara dangdutan? (Ya, walau tidak semua acara ada konser dangdutnya). Kenapa tidak mengundang band rock? Atau band metal? (sudahlah tidak usah dipikirkan). Adanya konser dangdut ini semakin menambah banyak pengunjung yang datang. Alhasil suasana menjadi riuh bergemuruh. Saya harus hati-hati melangkah agar tidak menyenggol orang-orang. Kan bahaya kalau saya menyenggol orang lalu ada yang membacok saya alias ‘Senggol! Bacok!’.

IMG_3966

Berhubung cuaca juga panas ditambah dengan suasana yang sesak, itu membuat kepala saya pusing dan kerongkongan menjadi kering. Saya pun memutuskan kembali ke rumah. Acara terus berlangsung hingga sore, dan hujan juga ikut menyemarakkan Lomba Makan Durian yang mulai ditinggalkan orang-orang. Entah siapa yang menang makan durian? Saya tidak tahu. Sekian tulisan ini saya buat, kalau ada kekurangan, mohon maklum.

2 thoughts on “Lomba Makan Durian

  1. wulanderna mengatakan:

    sebenernya apa khasiat durian untuk tubuh mbak? kenapa ramai sekali orang indonesia tergila-gila durian. sementara saya belum pernah mendengar orang-orang barat tergila-gila dengan durian?

    Suka

    • nugraheniismyname mengatakan:

      Kalau bagi saya ini ya Mbak. Durian itu bisa mengusir masuk angin. Biasanya sehabis makan durian bisa bersendawa dan badan jadi hangat. Namun klu kebanyakan apalagi punya asam lambung dan maag, maka perut bisa bergejolak. Lalu hati2 juga klu punya penyakit gula darah tinggi.

      Ya tentu saja orang2 barat tidak tergila2 karena buah ini paling banyak ada di Asia Tenggara terutama Indonesia, Brunei D, dan Malaysia (itu yang pernah saya baca tapi lupa sumbernya)…

      Suka

Tinggalkan Balasan

Kalender

Februari 2016
S S R K J S M
« Jan   Mar »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
29  

Top Rated

HTML hit counter - Quick-counter.net
free counters
free counters

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 15 pengikut lainnya

Blog Stats

  • 171,062 hits
