SAURON

Tinggalkan komentar

Januari 4, 2016 oleh nugraheniismyname

image

Halo…
Saya mau menulis tentang Sauron. Pada awalnya, saya kurang mengerti sosok Sauron. Walau sudah membaca The Hobbit dan 3 buku The Lord of the Rings, saya masih penasaran dengan Sauron. Akhirnya, saya mendapat tambahan informasi tentang Sauron setelah saya membaca tulisan awal di The Silmarillion.

Apakah Kamu mau tahu sosok Sauron? Kalau Kamu tidak mau tahu ya tidak apa-apa, saya tetap akan menulis sosok Sauron di sini.🙂

Tulisan tentang Sauron ini saya ceritakan ulang sesuai pikiran saya sendiri setelah saya membaca bagian awal The Silmarillion. Jadi begini ceritanya…

Menurut J.R.R. Tolkien yang kemudian tulisan beliau dilanjutkan oleh Christopher Tolkien, anak dari Pak J.R.R. Tolkien; Dunia diciptakan oleh Eru, Yang Esa. Di Arda (Bumi/ruang-ruang Dunia nan luas), Eru disebut dengan nama Illuvatar. Illuvatar menciptakan Roh-Roh Yang Suci atau disebut Ainur. Ainur ini selalu sujud sembah kepada Illuvatar.

Di antara Ainur, terdapat Melkor. Melkor ini Roh Suci yang diberi rahmat dan karunia yang paling besar. Namun lama kelamaan, Melkor ini bisa jadi menerapkan pikiran yang lain daripada yang lain alias berpikir beda. Hal ini bisa diketahui karena Melkor selalu merancang pikiran-pikiran sendiri yang berbeda dari pikiran-pikiran Ainur lain. Melkor selalu melawan Illuvatar dan saudara-saudaranya.

Singkat cerita (kalau Kamu mau tahu cerita lengkapnya, Kamu bisa baca The Silmarillion sendiri, ya…), Eru memperlihatkan Dunia baru kepada Ainur. Di Dunia baru ini, muncul kelahiran Anak-Anak Illuvatar dan tempat tinggal bagi mereka. Tempat tinggal tersebut diberi nama Arda atau Bumi. Sebagai informasi, Anak-Anak Illuvatar berjenis Elves dan Manusia. Keberadaan Dunia baru ini membuat Melkor iri dengan Elves dan Manusia. Melkor iri karena Eru memberi janji banyak anugerah untuk Elves dan Manusia.

Setelah Bumi terbentuk, Ainur turun dan tinggal di Bumi. Roh-Roh Yang Paling Mulia ini disebut Valar atau Roh-Roh Pelindung Arda oleh Elves. Dan, oleh Bangsa Manusia, Roh-Roh Paling Mulia dinamai dewa-dewa. Nama-nama Roh-Roh Paling Mulia adalah: Manwe, Ulmo, Aule, Orome, Mandos, Lorien, dan Tulkas. Dan, nama-nama pasangan mereka adalah: Varda, Yavanna, Nienna, Este, Vaire, Vana, dan Nessa. Walaupun Melkor pada awalnya masuk dalam Roh-Roh Paling Mulia, namun akibat kelakuannya yang selalu membangkang, Melkor menjadi tidak dianggap sebagai Roh Paling Mulia. Namanya tidak pernah diucapkan di Bumi.

Selain Valar, ada roh-roh lain yang hampir sama derajatnya dengan Valar, namun mereka lebih rendah dibandingkan dengan Valar. Roh-roh itu diberi nama Maiar. Tugas Maiar adalah mengikuti Valar, melayani Valar, dan menolong Valar. Di antara roh-roh pelayan, terdapatlah roh yang paling hebat dan kuat. Roh tersebut yaitu SAURON. Sauron adalah pelayan Melkor. Berhubung Melkor jahat maka kaum Elves yang paling menderita akibat ulah Melkor menyebut Melkor dengan nama Morgoth.

Sauron menjadi pengikut dan pelayan Morgoth. Dia sangat berkuasa dan selalu melakukan tipuan-tipuan licik. Awalnya, Sauron tidak terlalu jahat, namun semakin lama ia sama jahatnya dengan Morgoth. Dengan ini maka bisa disimpulkan jika Sauron adalah Roh Pelayan yang melayani Melkor, dan Sauron sama jahatnya dengan Melkor.

Sekian dan terima kasih.🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kalender

Januari 2016
S S R K J S M
« Des   Feb »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Top Rated

HTML hit counter - Quick-counter.net
free counters
free counters

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 15 pengikut lainnya

Blog Stats

  • 170,141 hits
%d blogger menyukai ini: