The Hobbit

Tinggalkan komentar

Oktober 4, 2014 oleh nugraheniismyname

hobbit

Pada kesempatan yang sangat berbahagia ini, saya mau menceritakan tentang novel the Hobbit karya J.R.R Tolkien. Berhubung film the Hobbit yang ketiga mau tayang di bioskop, maka saya ikut-ikutan menulis cerita singkat tentang novel the Hobbit.

Dulu, saya memiliki keinginan untuk membaca the Hobbit. Oleh karena itu saya pergi ke toko buku. Sampai di toko buku, saya mencari novel tersebut dengan dibantu oleh adik laki-laki. Saya dan adik bolak-balik mengecek di komputer mengenai keberadaan novel tersebut. Layar komputer memperlihatkan jika ada 4 novel the Hobbit yang masih tersedia di toko. Saya cari lagi, akhirnya ketemu juga. Tapi kalau mau beli the Hobbit maka harus sepaket dengan buku trilogy The Lord of the Rings. Mau bagaimana lagi? Karena saya mau membaca the Hobbit maka mau tak mau ya harus beli 3 buku The Lord of the Rings.

Ayo kita baca sekilas mengenai the Hobbit. Saya ceritakan garis besarnya saja, ya? Kalau mau baca lengkap sebaiknya kamu baca sendiri novel-nya. Hehehe.

Bangsa Hobbit merupakan bangsa yang tidak suka menonjolkan diri, mencintai kedamaian dan ketenangan. Kaum Hobbit adalah makhluk-makhluk kecil, lebih kecil dari kurcaci. Hobbit-hobbit tinggal di dunia tengah. Namun pada novel ini, hobbit yang diceritakan berasal dari Shire. Nama hobbit itu Bilbo Baggins. Bilbo ini termasuk hobbit yang menyukai kedamaian, ketenangan, dan kenyamanan. Ia sangat menikmati hidupnya. Ia tinggal di rumahnya yang nyaman, Bag-End. Ia juga memiliki persediaan makanan yang banyak.

Pada suatu pagi, Gandalf datang ke kediaman Bilbo. Gandal sang penyihir kelabu merupakan penyihir yang hebat dan bijak. Apabila Gandalf datang di suatu wilayah maka hal itu berarti akan ada peristiwa besar yang terjadi. Dan benar saja, Gandalf mengajak Bilbo untuk berpetualang. Tentu saja Bilbo menolak karena ia hobbit yang suka bersantai dan menikmati hidup. Tapi Gandalf membuat tanda di pintu rumah Bilbo, tanda ini membuat kurcaci-kurcaci berdatangan ke rumah Bilbo.

Hingga suatu malam, kurcaci mulai berdatangan ke rumah Bilbo. Pemimpin rombongan kurcaci ini bernama Thorin. Kedatangan kurcaci ini diceritakan dengan sangat menghibur dan lucu. Saya tertawa-tawa sendiri pada saat membaca bagian cerita yang ini.

Pada saat kurcaci dan Gandalf telah berkumpul di rumah Bilbo. Maka asal muasal mengapa mereka harus berpetualang diceritakan oleh Gandalf dan kurcaci. Jadi pada zaman dahulu kala, ada sebuah kerajaan di bawah gunung. Kerajaan ini milik bangsa kurcaci. Pemimpin bangsa kurcaci ini yaitu Thror, kakek Thorin. Bangsa kurcaci ini mengalami kejayaan di masa kepemimpinan Thror. Kurcaci-kurcaci banyak yang mencari harta dan emas dari gua-gua. Hingga akhirnya mereka menemukan Batu Arken, batu permata yang nilainya melebihi semua harta di seluruh dunia. Semua harta dan emas serta Batu Arken dikumpulkan menjadi satu di bawah gunung.

Harta dan emas yang melimpah ini terdengar dan menarik perhatian naga bernama Smaug. Naga-naga memang menyukai emas. Smaug ini menyerang kerajaan kurcaci dan ia berhasil mengusir kurcaci dari tanah mereka. Smaug pun menguasai semua harta yang telah dikumpulkan para kurcaci. Nah, setelah berpuluh-puluh tahun kemudian, Thorin yang merupakan pewaris kerajaan berniat mengambil kembali harta para kurcaci. Ia ingin mendapatkan Batu Arken. Untuk mendapatkan batu permata ini, Gandalf menyarankan agar batu diambil oleh si pencuri yaitu Bilbo.

Singkat cerita, Bilbo, 13 kurcaci, dan Gandalf melakukan perjalanan. Mereka mengalami banyak hal seperti bertemu dengan Troll, bertemu dengan Orc, bertemu dengan Beruang besar yang bisa berubah menjadi manusia, bertemu dengan monster laba-laba, bertemu dengan kaum peri di Mirkwood, dan lain sebagainya.

Pada saat bertemu dengan Troll ini, Bilbo dan 13 kurcaci berhasil ditangkap Troll. Mereka akan dipanggang untuk dimakan. Tapi, Gandalf berhasil menyelamatkan Bilbo dan kurcaci. Troll diubah menjadi patung batu yang sangat besar. Di Lord of the Rings, kelak Frodo Baggins juga menjumpai patung besar Troll ini pada waktu ia dan teman-temannya akan menghancurkan cincin.

Setelah Troll berhasil dikalahkan, maka rombongan menemukan gua Troll. Di gua ini, rombongan menemukan banyak senjata buatan peri. Bilbo mendapat pedang kecil yang bisa bersinar bila ada Orc datang. Bilbo dan rombongan melanjutkan perjalanan, tanpa diduga mereka bertemu dengan Orc. Mereka ditawan Orc di gua, tapi mereka berhasil melarikan diri. Pada saat pelarian, mereka dikejar banyak Orc. Tapi mereka berhasil lolos kecuali Bilbo.

Bilbo dikurung di gua, nah di gua ini Bilbo menemukan cincin yang bisa membuatnya menghilang. Cicin ini merupakan cincin milik Sauron. Sejarah mengenai cincin dan mengapa cincin bisa sampai di gua ini dikisahkan di novel The Lord of the Rings. Kisahnya panjang sekali jadi saya tidak akan menuliskannya di sini.

Pada saat Bilbo ini menemukan cincin dan ia bisa menghilang, maka Bilbo bisa lolos dari gua Orc. Ia bisa berkumpul dengan teman-temannya lagi. Perjalanan pun dilanjutkan, Bilbo dan rombongan terus berpetualang. Orc-orc masih mengejar mereka. Untuk menyelamatkan diri dari kejaran Orc, maka Gandalf menyarankan agar mereka singgah dulu di rumah beruang besar bernama Beorn. Kisah pada saat kurcaci singgah di rumah Beorn ini bisa membuat saya tertawa sendiri. Sayangnya, kisah lucu pada saat kurcaci dan rombongan masuk sebagian demi sebagian ke rumah Beorn tidak dikisahkan di film. Yang membuat geli itu kurcaci bernama Bombur.

Di rumah Beorn ini, Bilbo dan rombongan bisa istirahat dan mendapat bekal dari Beorn. Beorn juga meminjami kuda poni hingga mereka sampai di pinggir hutan Mirkwood. Bilbo dan para kurcaci harus jalan kaki jika mereka melewati hutan Mirkwood. Mereka merasa akan mengalami hal yang tidak menyenangkan karena Gandalf juga meninggalkan Bilbo dan kurcaci. Gandalf berpesan supaya Bilbo dan para kurcaci terus mengikuti jalan yang dibangun peri di dalam hutan. Mereka tidak boleh keluar dari jalan itu karena bila mereka keluar dari jalan itu maka mereka akan tersesat. Mereka juga tidak boleh minum air di sungai karena air itu telah disihir.

Perjalanan di dalam hutan Mirkwood tidak menyenangkan. Hal ini karena hutan itu dipenuhi pohon-pohon besar yang saling terjalin batang-batangnya. Sinar matahari tidak bisa masuk ke dalam hutan. Mereka juga kekurangan oksigen. Bilbo dan para kurcaci hanya berputar-putar di dalam hutan. Mereka hampir putus asa. Apalagi Bombur meminum air sungai. Hal itu membuat Bombur hilang ingatan dan hanya merepotkan teman-temannya saja. Apalagi Bombur merupakan kurcaci yang bertubuh paling gemuk.

Bilbo dan kurcaci terus berjalan. Di perjalanan mereka menemui banyak cobaan. Mereka melihat banyak rombongan peri yang berpesta di hutan. Peri-peri itu menarik perhatian kurcaci. Merekapun keluar dari jalan peri, dan mereka tersesat. Pada saat tersesat ini mereka juga diserang oleh laba-laba raksasa. Setelah mereka lolos dari serangan raksasa, maka bahaya belum berakhir. Mereka ditangkap oleh peri yang tinggal di Mirkwood. Raja peri bernama Thranduil. Thranduil ini ayahnya Legolas.

Para kurcaci ditawan di istana peri Mirkwood, tapi Bilbo tidak ikut ditangkap karena ia memakai cincin sehingga dia tidak kelihatan. Bilbo ini membuat strategi untuk meloloskan para kurcaci. Strategi berhasil, para kurcaci berhasil lolos dari istana peri. Mereka bertemu dengan Bard. Bard merupakan manusia. Bard menolong para kurcaci agar mereka bisa menyeberangi sungai. Bard membawa Bilbo dan kurcaci ke kota di bawah bukit yang dekat dengan gunung. Nama Kotanya Dale.

Setelah sampai di kota manusia, Bilbo dan rombongan melanjutkan perjalanan. Mereka menuju ke gunung. Setelah menemukan cara untuk membuka pintu, maka Bilbo masuk ke kerajaan di bawah gunung yang dipenuhi emas. Di sana ia menemukan batu Arken. Bilbo tidak memberikan batu itu ke Thorin, ia malah menyimpan sendiri batu itu di saku. Pada saat Bilbo berhasil masuk, maka naga Smaug menjadi marah. Ia pergi ke kota untuk melampiaskan kemarahannya. Namun sampai di kota manusia, Smaug berhasil dibinasakan oleh Bard dan penduduk kota.

Berita kematian Smaug tersebar, maka makhluk-makhluk mengira jika harta di bawah bukit tidak ada yang memiliki. Orc berniat mengambil emas dan harta di gunung itu. Tapi niat Orc tidak berhasil karena Thorin mengumpulkan bangsa kurcaci yang tersisa untuk mengambil kembali harta dan emas di bawah gunung. Selain itu, kaum Peri dan penduduk di kota juga berniat minta ganti rugi kepada kurcaci karena kota mereka telah dirusak oleh Smaug.

Thorin tidak mau memberikan ganti rugi. Hal ini merupakan salah satu penyebab akan terjadinya perang. Bilbo tidak suka peperangan. Oleh karena itu ia berniat mencegah perang. Caranya yaitu dengan ia memberikan batu Arken ke pasukan peri dan manusia. Batu Arken itu akan diberikan ke Thorin asalkan Thorin mau mengganti kerugian dan kerusakan yang disebabkan oleh naga. Namun, Thorin tetap tidak mau mengganti.

Semakin lama, Orc-Orc yang mengendarai Warg semakin dekat menuju ke gunung. Mereka berniat merebut emas. Warg itu serigala besar dan menakutkan. Jumlah mereka sangat banyak. Akhirnya, pasukan kurcaci, pasukan manusia, dan pasukan peri bersatu padu untuk mengalahkan Orc-Orc yang menyerang daerah di sekitar gunung. Orc-Orc hampir menang, namun di saat kondisi dalam keadaan kritis, datanglah pasukan elang. Elang merupakan sahabat Gandalf. Pasukan elang mengeyahkan Orc-Orc.

Pertempuran dimenangkan oleh pasukan elang, manusia, kurcaci, dan peri. Di dalam pertempuran ini Thorin, Kili, dan Fili terbunuh. Kili dan Fili merupakan anggota dari 13 kurcaci. Dua kurcaci itu adalah kemenakan Thorin. Kalau di film the Hobbit 2, Kili ini terlibat asmara dengan peri wanita bernama Tauriel. Tapi di dalam novel, kisah asmara Kili dan Tauriel tidak ada.

Untuk menghormati Thorin, maka batu Arken dikuburkan bersama dengan Thorin. Thorin dihormati karena ia telah menyadari keserakahannya. Setelah perang berakhir, harta di kerajaan kurcaci dibagi-bagikan kepada Bilbo, raja Peri, penduduk, dan lain-lain.

Sudah dulu ceritanya ya? Kalau kamu bingung dengan cerita singkat ini maka kamu bisa membaca sendiri novel the Hobbit.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kalender

Oktober 2014
S S R K J S M
« Jan   Des »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

Top Rated

HTML hit counter - Quick-counter.net
free counters
free counters

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 15 pengikut lainnya

Blog Stats

  • 171,062 hits
%d blogger menyukai ini: