Murid Istimewa (Jerit Lirih Seorang Sahabat)

Tinggalkan komentar

Januari 28, 2014 oleh nugraheniismyname

Novel ini menceritakan pengalaman sang penulis (Torey Hayden). Torey Hayden pernah meraih gelar Bachelor of Arts di bidang kimia fisika, namun beliau lebih tertarik bekerja menangani anak-anak berkebutuhan khusus. Oleh karena itu Torey Hayden mengambil gelar master di bidang pendidikan khusus.murid istimewa

Cerita di novel ini berawal pada saat Torey berniat pulang ke Wales. Beliau ingin menetap dan akan menikah dengan tunangannya. Akan tetapi, Torey tak kunjung mendapatkan visa permanen untuk tinggal di Inggris. Dan, Torey pun terjebak pada cinta lamanya yaitu mengajar di kelas anak-anak berkebutuhan khusus di Amerika.

Pada saat mengajar ini, Torey memiliki berbagai macam jenis murid. Salah satu murid bernama Mariana Gilchrist. Mariana berusia 8 tahun. Riwayatnya yaitu: ia memiliki IQ perbatasan, rentang perhatian pendek, agresif berlebihan, juga tercatat adanya kematangan perilaku seksual yang terlalu cepat. Pendidikan singkat yang ditempuhnya berganti-ganti dari satu tempat khusus ke tempat khusus lain. Selama sekolah, Mariana tidak mencapai hasil apa-apa. Ia belum bisa membaca/menulis.

Murid yang lain yaitu bernama Dirkie. Dirkie mengalami masa kecil yang sangat mengerikan. Ia mengalami penelantaran, penganiayaan, dan perilaku yang tidak wajar di dalam keluarga. Ia pernah dirawat di unit kejiwaan rumah sakit negara. Selanjutnya, ia diangkat anak oleh suami-istri psikolog. Untuk mengatasi masalah kejiwaan Dirkie maka dibutuhkan lebih dari sekadar kasih sayang karena Dirkie mengidap skizofrenia masa anak-anak, dan sulit mengalami kemajuan.

Leslie Considyne juga menjadi salah satu murid Torey. Leslie merupakan anak yang autistik. Ia memiliki tubuh yang seakan-akan tidak memiliki jiwa. Ia hanya bertindak jika diperintah. Dia tidak pernah mau menatap orang-orang di sekitarnya. Ia hanya diam sambil menatap kosong ke depan. Selain itu, Leslie juga menderita penyakit diabetes yang parah. Dia harus disuntik saat tengah hari.

Ada lagi murid lain yaitu Geraldine dan Shemona Mc Culley. Mereka merupakan anak-anak yang mengalami gangguan kejiwaan karena mereka merupakan anak-anak korban perang.

Selama mengajar, Torey selalu berkutat dengan Dirkie yang mengalami skisofren, Mariana yang memiliki obsesi seksual yang mengkhawatirkan, murid-murid seperti Shemona dan Geraldine yang menderita trauma perang, dan Leslie yang belum bisa buang air sendiri. Leslie sering membisu dan buang air di dalam kelas. Selain itu ada juga murid yang memaku tangannya sendiri sehingga Torey berusaha keras untuk menyelamatkan muridnya tersebut.

Torey mengalami banyak hal yang menakjubkan selama mengajar. Apalagi, ia memiliki asisten bernama Ladbrook yang merupakan ibunda kandung Leslie. Ladbrook juga memiliki riwayat hidup yang rumit. Ia merupakan pecandu alkohol. Ladbrook pernah meminta dijemput oleh Torey pada saat tengah malam karena ia mabuk berat di luar rumah. Namun berkat dukungan dari Torey, berlahan-lahan Ladbrook mulai meninggalkan minuman beralkohol. Dan, gairah hidup Ladbrook yang semula surut bisa mulai bersemangat lagi.

Menurut saya, kisah di dalam novel ini sungguh rumit, namun sangat menarik untuk terus membaca kisah-kisahnya. Oleh karena itu, jika kamu memiliki waktu luang, kamu bisa membaca novel Murid Istimewa (Jerit Lirih Seorang Sahabat) ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kalender

Januari 2014
S S R K J S M
« Nov   Okt »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

Top Rated

HTML hit counter - Quick-counter.net
free counters
free counters

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 15 pengikut lainnya

Blog Stats

  • 171,062 hits
%d blogger menyukai ini: