Aleph Karya Paulo Coelho

2

Juli 20, 2013 oleh nugraheniismyname

aleph

Aleph

 Berikut ini beberapa petikan yang berkesan di novel Aleph karya Paulo Coelho (menurut diri Saya Sendiri). Mari Kita simak,

 

Kutipan 1

Oh, tidak. Jangan ada ritual lain! Jangan ada doa yang bertujuan membuat kekuatan-kekuatan tak kasatmata bermanifestasi di dunia nyata. Apa hubungannya hal itu dengan dunia yang kita tinggali sekarang? Para sarjana meninggalkan universitas dan tidak bisa menemukan pekerjaan. Orang-orang tua pensiun dan nyaris tidak punya apa-apa untuk hidup. Orang-orang dewasa tidak punya waktu untuk bermimpi. Mereka bekerja keras dari jam 9 sampai jam 5 untuk menyokong keluarga dan membayar pendidikan anak mereka, selalu berbenturan dengan apa yang kita sebut “kenyataan pahit”.

 

Kutipan 2

Inti menulis adalah menemukan diri sendiri. Kalau aku boleh memberimu nasihat, jangan terintimidasi oleh opini-opini orang lain. Hal yang pasti hanyalah pas -pasan, jadi ambillah risiko dan lakukan apa yang benar-benar ingin kau lakukan. Carilah orang-orang yang tidak takut membuat kesalahan dan yang memang membuatnya. Karena hal itu, karya-karya mereka seringnya tidak dikenali, namu justru merekalah tipe orang yang akan mengubah dunia dan yang setelah membuat kesalahan, akan melakukan sesuatu yang benar-benar mengubah total komunitas mereka.

Kutipan 3

Untuk menjadi ahli dalam bidang apa pun, kau harus berlatih dan  mengulang, sampai teknik tersebut menjadi intuitif.

Kutipan 4

Hidup berarti mengalami berbagai hal, bukan hanya duduk-duduk dan memikirkan makna hidup.

Kutipan 5

Aku memaafkan air mata yang harus kutumpahkan,

Aku memaafkan rasa sakit dan kekecewaan,

Aku memaafkan semua pengkhianatan serta kebohongan,

Aku memaafkan semua fitnah dan tipu-muslihat,

Aku memaafkan kebencian serta penganiayaan,

Aku memaafkan pukulan-pukulan yang melukai,

Aku memaafkan impian-impian yang rusak,

Aku memaafkan harapan-harapan yang mati sebelum waktunya,

Aku memaafkan permusuhan dan kecemburuan,

Aku memaafkan ketidakpedulian dan niat jahat,

Aku memaafkan ketidakadilan yang dijalankan atas nama keadilan,

Aku memaafkan kemarahan serta kekejaman,

Aku memaafkan kelalaian dan sikap menghina,

Aku memaafkan dunia dan semua kejahatannya.

Kutipan 6

Aku memiliki kemampuan mencintai, terlepas dari apakah aku balas dicintai,

Kemampuan memberi, bahkan saat aku tidak punya apa-apa,

Kemampuan bekerja dengan bahagia, bahkan di tengah kesulitan-kesulitan,

Kemampuan mengulurkan tangan, bahkan saat aku benar-benar sendirian dan diabaikan,

Kemampuan untuk mengusap air mata, bahkan saat aku menangis,

Kemampuan percaya, bahkan saat tidak seorang pun percaya padaku.

Kutipan 7

Apa makna hidup? kenapa aku tidak mengalami kemajuan. Kenapa dunia spiritual bergerak semakin menjauh? Jawabannya tidak bisa lebih sederhana lagi: karena aku tidak benar-benar hidup!

 

Cukup itu saja, ya? Soalnya capek mengetiknya. sebenarnya masih ada banyak sekali tulisan yang keren di novel ini. Jika kamu punya waktu senggang, silahkan baca sendiri novel-nya. Sekian dan terimakasih.

2 thoughts on “Aleph Karya Paulo Coelho

  1. etty mengatakan:

    Kutipan lain, Makna Tuhan : Siapa pun yang mengenal Tuhan tidak dapat menggambarkan-Nya. Siapa pun yang dapat menggambarkan Tuhan tidak mengenal-Nya.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Kalender

Juli 2013
S S R K J S M
« Jun   Agu »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Top Rated

HTML hit counter - Quick-counter.net
free counters
free counters

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 15 pengikut lainnya

Blog Stats

  • 171,062 hits
