Kumpulan Karya Tulis Milik Nugraheni

MANFAAT SUSU KAMBING PERANAKAN ETAWA

MANFAAT SUSU KAMBING PERANAKAN ETAWA

Pemanfaatan susu Kambing Peranakan Etawa termasuk dalam kegiatan subsistem agribisnia hilir. Kegiatan subsistem agribisnis hilir merupakan kegiatan industri berupa pengolahan komoditas pertanian menjadi produk-produk olahan baik produk setengah jadi maupun produk jadi. (Fatah, 2006: 41 dan195)

Berikut ini merupakan manfaat susu Kambing Peranakan Etawa,

Susu Kambing Peranakan Etawa mengandung butiran lemak yang lebih halus dibandingkan dengan susu dari hewan ternak lain. Hal ini membuat susu Kambing Peranakan Etawa mudah dicerna dan tidak meningkatkan kolesterol di dalam tubuh. Kandungan protein yang tinggi sangat baik untuk perkembangan kecerdasan. Selain itu, komposisi kalsium dan phosphor yang seimbang sangat membantu pertumbuhan tulang anak – anak dan mencegah keropos tulang bagi orang dewasa. Susu Kambing Peranakan Etawa juga berkhasiat menyembuhkan asma, batuk – batuk, TBC, penyakit paru – paru, tekanan darah rendah, meningkatkan stamina dan membuang racun / toksin di dalam tubuh manusia.

Tabel Perbandingan Kandungan Susu Kambing Peranakan Etawa dengan susu lain (dalam persen)

Berikut ini harga Susu Kambing Peranakan Etawa

Satu kambing betina menghasilkan setengah sampai satu liter susu setiap hari dengan masa laktasi 8-10 bulan. Susu cair yang telah diambil bisa diolah menjadi beberapa produk seperti susu bubuk yang tersedia dalam berbagai rasa seperti rasa cokelat, rasa strawberry dan rasa susu biasa. Harga susu Kambing PE yaitu :

Satu kilogram susu bubuk Kambing PE sebesar Rp 120.000,00.

150 gram susu bubuk Kambing PE sebesar Rp 20. 000, 00

Satu liter susu cair Kambing PE sebesar Rp. 20.000,00.

Susu bubuk cair setengah liter Kambing PE seharga Rp 12. 000, 000.

Berikut ini Cara Pengolahan Susu Kambing PE

Dua liter susu cair bisa jadi 7-8 ons susu bubuk. Untuk membuat  susu bubuk  yaitu  susu mentah cair direbus di dalam wajan besar selama 4 jam sampai menjadi bubuk lalu dikemas. Pengolahan ini bisa dilakukan oleh ibu – ibu rumah tangga istri dari para anggota gapoktan.

Pemasaran Susu Bubuk Kambing Peranakan Etawa

Selain Kambing Peranakan Etawa yang dijual hingga luar negeri. Produk susu bubuk Kambing Peranakan Etawa juga dipasarkan. Pembeli yang ingin membeli susu bubuk Kambing Peranakan Etawa datang sendiri dari luar kota seperti Sumatra, Aceh, Jawa Timur, Banjarnegara, Banyumas, Wonosobo dan lain-lain. Susu Peranakan Etawa banyak diminati orang karena berkhasiat  mengatasi berbagai penyakit.

Sumber :

Kelompok Tani Desa Tlogoguwo

Survei Sendiri

Sari Etawa Kaligesing

oOo

2 tanggapan untuk “MANFAAT SUSU KAMBING PERANAKAN ETAWA

Tinggalkan komentar