Sukses itu apa?

2

Februari 16, 2013 oleh nugraheniismyname

Sukses itu apa?

Makna sukses itu bermacam – macam (menurut saya, sih). Setiap manusia memiliki pengertian sendiri – sendiri mengenai sukses. Setiap manusia juga memiliki ukuran sendiri – sendiri mengenai kesuksesan karena tujuan, cita – cita, keinginan, kemampuan dan impian – impian yang berbeda. Ada orang yang mengatakan jika seseorang itu telah menjadi kaya raya maka orang itu telah sukses hidupnya. Ada pula orang bilang jika seseorang itu telah memiliki jabatan maka orang itu telah berhasil hidupnya. 

Tapi, kembali ke kata – kata bahwa ukuran sukses untuk tiap orang itu berbeda. Ada orang yang tertanam di otaknya jika ia telah menjadi penulis hebat dan terkenal dengan karyanya yang menakjubkan maka ia merasa telah sukses dan berhasil dalam mewujudkan impian hidupnya. Ada orang yang merasa sukses setelah ia menjadi pegawai bank. Ada orang yang merasa sukses jika ia telah menjadi pegawai negeri. Ada orang yang merasa berhasil di dunia jika orang tersebut telah menjadi petani / peternak yang sering berbicara di seminar – seminar karena kehebatannya. Ada pula orang yang merasa sukses jika ia telah berhasil mendidik anak – anaknya dengan baik. Ada lagi orang yang merasa sukses jika ia telah berhasil menyebarkan dan mengamalkan semua ilmu yang ia punya.

Ah, banyak sekali ukuran – ukuran sukses yang ada di bumi ini.

Lalu, sebenarnya apa yang akan saya tulis? Jadi begini, lho. Kan, tadi ukuran untuk sukses itu berbeda – beda tiap manusia. Oleh karena itu, kita harus menghormati dan menghargai perbedaan tersebut. Kita harus menghormati pemikiran orang mengenai ukuran suksesnya sendiri.

Misalnya,

  • kita sudah merasa berhasil dan sukses karena kita telah menjadi pegawai bank. Kita tidak boleh memandang sebelah mata kepada manusia yang memiliki cita – cita mulia untuk menjadi penulis yang hebat.
  • Atau juga kita merasa sukses karena kita telah menjadi pegawai negeri / karyawan, maka kita jangan menghina kepada manusia yang berusaha mengajarkan ilmu dan kebaikan yang dimiliki.
  • Atau, kita telah merasa berhasil jika kita telah menjadi insinyur, maka kita tidak boleh meremehkan manusia yang sedang berusaha menjadi petani / peternak yang hebat.
  • Atau kita telah merasa sukses yang luar biasa ketika kita telah berhasil menjadi dokter, maka kita jangan menganggap gila orang – orang yang merasa sukses jika orang itu telah berhasil pergi ke bulan / planet mars.

Dan satu lagi, jika kita telah merasa sukses karena apa yang kita usahakan, apa yang kita inginkan, apa yang kita cita – citakan dan apa yang kita impikan telah berhasil kita raih dan genggam di tangan. Maka, seharusnya, kita jangan menghina, jangan meremehkan, jangan memandang sebelah mata/ memandang hanya dengan 1 mata ( jika anda tidak ingin dibilang sebagai pengikut Dajjal, karena biasanya pengikut Dajjal selalu memandang atau memamerkan satu matanya saja) KEPADA manusia yang sedang berjuang untuk meraih kesuksesan di tujuan hidupnya masing – masing.

Jadi sukses dan kesuksesan itu tidak bisa diukur hanya dengan satu penilaian orang saja.

Sebaiknya, jangan pernah menghakimi orang lain dengan kata – kata = “Orang itu tidak sukses, orang itu gagal, orang itu gila, orang itu pengkhayal, orang itu ini dan itu” HANYA KARENA orang itu BERBEDA dengan kita. Jangan samakan pemikiran orang lain dengan pemikiran kita.  Dan, jangan samakan ukuran kesuksesan hidup kita dengan ukuran kesuksesan orang lain. Tetap kalem walau di dunia ini ada banyak sekali perbedaan. Jangan tinggi hati karena kita telah merasa sukses dan berhasil. Dan, untuk orang yang sedang berjuang untuk sukses, tetap berjuang dan berdoa. Tuhan pasti akan selalu memberikan apa yang telah kita perjuangkan dengan sungguh – sungguh.

Sekian tulisan dari Saya. Terimakasih sebelum dan sesudahnya.

2 thoughts on “Sukses itu apa?

  1. Auru mengatakan:

    betul-betul tulisan yang bijak…sungguh siraman rohani yang indah…

    Suka

  2. nugraheniismyname mengatakan:

    terimakasih banyak ya…..

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kalender

Februari 2013
S S R K J S M
« Nov   Mei »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728  

Top Rated

HTML hit counter - Quick-counter.net
free counters
free counters

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 15 pengikut lainnya

Blog Stats

  • 171,062 hits
%d blogger menyukai ini: