HEPHAESTION ( ALEXANDER Fortune Favors The Bold )

Tinggalkan komentar

Oktober 2, 2012 oleh nugraheniismyname

HEPHAESTION ( ALEXANDER Fortune Favors The Bold )

Apakah kamu mau tahu tulisan saya tentang Hephaestion??? Walaupun kamu tidak mau tahu, tapi saya tetap akan menuliskannya di sini.

Hephaestion adalah anak dari Amyntor. Dia adalah sahabat sejati Alexander.  Saya tidak bisa menceritakan secara detail sosok Hepha karena saya tidak hidup di jaman ketika Hepha masih hidup. Saya hanya akan menulis tentang Hephaestion berdasar film yang pernah saya tonton. Film itu berjudul ALEXANDER Fortune Favors The Bold.

Saya tahu film Alexander ini karena beberapa tahun yang lalu, di suatu pagi, adik saya bilang kepada saya jika pada suatu  malam ia baru saja melihat film Alexander. Nah, di film itu dia bilang kalau ada Jared Leto main di film tersebut. Waktu itu, tayangan film itu sangat malam sekali jadi saya sudah tidur. Film itu ditayangkan oleh stasiun tivi swasta di Indonesia. Sejak saat itu, setiap hari saya liat jadwal tivi di koran. Mungkin, ada jadwal tivi yang menayangkan film Alexander karena tentu saja saya sangat ingin melihat akting Jared Leto. Hingga pada suatu ketika atau lebih tepatnya hingga pada tahun berikutnya, tanpa sengaja saya melihat ada jadwal tivi yang menuliskan jika ada film Alexander yang akan diputar di stasiun tivi tersebut. Jadwal film itu cukup malam, kira – kira jam sebelas malam. Nah, saya berniat tidur dulu sebelum menonton film tersebut. Saya pasang alarm tepat pada pukul sebelas malam. Tapi, sungguh menjengkelkan sekali karena alarm tersebut tidak berbunyi. Alhasil, saya melewatkan kembali film tersebut.

Waktu terus berlalu, hingga beberapa bulan lalu, kira – kira satu minggu setelah lebaran. Saya dan adik saya berniat jalan – jalan ke Magelang. Saya dan adik saya mau melihat – lihat pusat perbelanjaan yang baru didirikan di Kota Magelang. Saya dan adik saya putar – putar di pusat perbelanjaan tersebut. Tiba – tiba, adik saya berhenti di sebuah toko yang menjual kaset – kaset film dalam dan luar negeri. Kaset yang dijual disini adalah kaset asli bukan kaset bajakan. Berhubung, adik saya juga suka nonton film, maka saya dan adik masuk ke toko tersebut. Di dalam toko saya dan adik memilih – milih kaset film yang sekiranya bagus. Berjam – jam, saya dan adik mengubek – ubek isi toko. Hingga tanpa diduga dan tak dikira, adik saya menemukan kaset Alexander Fortune Favors The Bold.

“Alexander, Mbak!” teriak adik saya. “ Mana! Mana!” reaksi saya dengan atusias. “ Ini! Ini!” adik saya menyerahkan kaset film Alexander tersebut. Saya pun tertawa lebar sekali karena kaset Alexander telah berada di tangan. Saya pun membeli kaset tersebut. Ada beberapa kaset lain yang saya beli tapi saya tidak akan membahas kaset lain yang telah saya beli tersebut.

Sesampainya di rumah, saya menyetel kaset tersebut dengan semangat sekali karena saya akhirnya akan menonton Hephaestion yang tentu saja diperankan oleh Jared Leto!

Beginilah cerita tentang Hephaestion…

Hephaestion merupakan sahabat Alexander sejak mereka masih kecil. Alexander disini adalah Alexander Agung ( Alexander The Great ), seorang raja yang mampu menyatukan Eropa, Asia dan beberapa benua Afrika ( Mesir) dalam usia yang masih sangat muda ( sekitar tahun 300 – an sebelum masehi ). Alexander ini merupakan anak seorang penyihir bernama Olympia dan penguasa Macedonia yaitu raja Philips II. Raja Philips ini memiliki banyak istri. Tapi kelak yang menjadi pengganti Raja Philips ini tentu saja Alexander.

Setelah menjadi raja, si Alexander pada usia 21, Alexander menginvasi asia dan tentu saja sahabat sejati yaitu Hephaestion selalu berada di samping Alex. Hephaestion ini bagaikan air yang menyegarkan jiwa Alexander. Hal ini karena Alexander merupakan raja yang ambisius, agak sombong dan semaunya sendiri ( itu menurut kacamata saya, lho ).

Pada saat Alexander berhasil menguasai Persia. Alexander, Hephaestion dan bala tentara masuk ke istana kaputren kerajaan Persia. Mereka bertemu dengan putri Darius. Darius adalah raja Persia. Nah, saat Alexander dan Hepha beserta tentara – tentara ini bertemu dengan putri Darius ini, nama putri itu adalah Putri Stateira. Putri ini berkata, “ Yang Mulia, Alexander.” Putri ini berkata sambil  menghadap ke Hephaestion. Ia mengira Hephaestion itu adalah Alexander ( Maklumlah, Putri Stateira ini belum tahu siapa Alexander) dan tentu saja karena aura Hephaestion yang berkilauan maka putri ini salah orang. Hahahaha. Putri Stateira ini terus ngomong ini dan itu kepada Hephaestion ( tentu saja dengan masih mengira Hephaestion ini adalah Alexander).

Hingga akhirnya Sang Alexander yang asli berkata, “ Kau tak salah, Putri Stateira. Dia juga Alexander.” kata Sang Alexander sambil menghampiri Hephaestion. Dan tentu saja sang Putri agak malu karena ia salah sambung. Kelak putri ini dinikahi oleh Alexander.

Beralih ke cerita lain…

Ketika Alexander sedang bingung ( galau ) maka Hepha selalu berada di samping Alexander. Berikut ini percakapan antara Hepha dan Alex di salah satu adegan film yang menunjukkan jika mereka adalah sahabat sejati. Tapi, walau agak curiga juga dengan hubungan mereka.

Hepha,” Kau pernah berkata, takut mati mempengaruhi setiap laki – laki. Tidak adakah kekuatan lain? Tidak adakah cinta dalam hidupmu? Alexander?” Hephaestion berkata tersebut sambil tersenyum – senyum aneh. Dan kemudian, Alexander melirik – lirik aneh ke arah Hephaestion. Hahahaha.

Setelah Alex dan Hepha bercakap – cakap cukup lama. Alexander berkata, “ Yang aku tahu, aku hanya percaya padamu di dunia ini. Aku merindukanmu. Aku butuh kau. Kau yang ku cintai, Hephaestion. Tak ada yang lain.” Alexander berkata seperti itu sambil mengelus – elus kepala Hephaestion.

Lalu, Hephaestion berkata lagi, “ Kau segalanya bagiku. Dan, demi roh Aphrodite. Aku takut kehilanganmu di dunia ini.” ( Hepha memeluk Alexander )

“ Kau tak akan pernah kehilangan aku, Hephaestion. Aku akan selalu bersamamu. Selamanya.” Alexander dan Hephaestion berpelukan.

Pada suatu ketika, Alexander menikah dengan Roxanne. Dan malam harinya, Hepha datang diam – diam ke kamar Alex dan Roxanne. Hepha membawakan sebuah cincin untuk Alex. Sepertinya, Hepha agak tidak rela jika Alex menikah. Berikut percakapan antara Hepha dan Alex.

Hepha berkata dengan mata yang berkaca – kaca, “Sttt. Aku menemukannya ( cincin ) di Mesir. Penjualnya bilang cincin ini berasal dari pemujaan matahari dan bintang. Aku selalu memikirkanmu sebagai matahari, Alexander.” Hepha memasangkan cincin ke jari manis Alexander.

“ Dan aku berdoa mimpimu menerangi semua orang.” Hepha memeluk Alexander dengan erat sekali. Seakan – akan Hepha tidak rela melepas Alexander ke tangan Roxanne. Kejadian mengharukan ini diketahui oleh Roxanne. Roxanne bertanya kepada Alexander apakah Alexander mencintai Hepha. Dan Alex menjawab jika ada banyak cara untuk mencintai.

Ketika Alexander terpuruk hebat karena Alexander baru saja membunuh salah satu orang kepercayaan ayah Alex. Tentara kepercayaan ayah Alexander itu bernama Cleitus. Cleitus dibunuh karena tentara tersebut mabuk dan berdebat dengan Alexander. Alexander tersinggung dengan semua ucapan Cleitus dan Alex membunuh Cleitus tersebut. Alexander sangat menyesali perbuatannya ini, ia menjadi terpuruk setelah ia membunuh Cleitus. Pada saat terpuruk inilah, Alexander ingin sendiri. Bahkan, istri Alexander pun tidak boleh menganggu Alexander. Hepha mengusir istri Alexander saat istri Alexander itu berusaha menemui Alexander. Bagi Hepha dan Alex, hanya Hephaestionlah yang boleh selalu berada di sisi Alexander.

Satu lagi arti Hephaestion bagi Alexander. Hephaestionlah yang meneriakkan bahwa Alexander adalah raja baru Macedonia setelah Raja Philips II dibunuh oleh orang suruhan Olympia. Olympia ( ibu Alexander ) ingin segera Raja Philips II mati karena ia ingin segera melihat Alexander menjadi raja. Olympia tahu jika kelak Alexander akan menjadi raja yang besar dan termasyur. Sejak saat itu, Alexander dan Hephaestion tak terpisahkan seumur hidup.

Hal yang tidak diinginkan terjadi, setelah menakhlukkan Asia ( India ), dan pulang dari babylonia, tiba – tiba Hephaestion sakit. Penyakit Hepha masih menjadi misteri, ada yang bilang di diracun, ada juga yang bilang jika ia menderita tipus. Berikut ini salah satu cuplikan percakapan menjelang wafatnya Hephaestion.

Hephaestion, “ Aku merasa lebih baik. Aku akan sembuh segera.”

Alexander, “ Kita meninggalkan Arab di musim semi. Aku tidak bisa pergi tanpamu.” ( Alexander ingin mengusai Arab)

Alex dan Hepha terlibat perbincangan mengharukan.

Hepha, “ Aku khawatirkan kau tanpaku.”

Alxeander, “ Aku bukan apa – apa tanpamu. Berjuanglah Hephaestion. Kita akan mati bersama. Ini takdir kita.”

Setelah berkata – kata tersebut Alexander pergi ke jendela kamar Hepha. Alexander terus ngomong tanpa sadar Hephaestion meninggal dunia. Hephaestion meninggal dengan mata yang terbuka. Cara meninggal Hephaestion sama persis dengan cara meninggal Vitaly Orlov di Lord of War ( meninggal dengan mata terbuka ). Yah, tapi memang mata Jared Leto bagus sekali, siy! Nah, Semenjak ditinggal Hephaestion, hidup Alexander menjadi limbung. Ia mabuk – mabukan dan sakit – sakitan dan akhirnya Alexander pun meninggal menyusul Hephaestion.

Sebenarnya, film ini memiliki banyak kisah – kisah penting lainnya. Ada juga kata – kata bermakna lainnya. Oleh karena itu, jika kamu punya waktu luang, tontonlah film ini untuk menambah pengetahuan.

Ini dia para pemeran di Film Alexander,

Alexander ( Colin Farrell)

Hephaestion ( Jared Leto!!!)

Olympia ( Angelina Jolie )

dll

Sekian tulisan tentang Hephaestion menurut kaca mata Saya sendiri. Salam

Tinggalkan Balasan

Kalender

Oktober 2012
S S R K J S M
« Sep   Nov »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Top Rated

HTML hit counter - Quick-counter.net
free counters
free counters

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 15 pengikut lainnya

Blog Stats

  • 171,062 hits
