VITALY ORLOV ( LORD OF WAR )

4

September 26, 2012 oleh nugraheniismyname

VITALY ORLOV ( LORD OF WAR )

Dulu, Vitaly Orlov adalah seorang laki – laki pecandu kokain. Ia sangat ketergantungan sekali dengan kokain. Kecanduan kokain membuat otak Vitaly menjadi kacau. Ia selalu melarikan diri setiap kali ia merasa kacau. Sebenarnya, Vitaly melarikan diri dari apa? Ia melarikan diri dari dirinya sendiri. Vitaly Orlov ini adalah adik dari Yuri Orlov. Yuri Orlov adalah seorang pedagang senjata dari Ukraina. Ia bermigrasi ke Amerika Serikat untuk memuluskan bisnis senjatanya. Berdagang senjata untuk mendukung perang yang sebenar – benarnya perang yaitu perang antar negara.

Yuri Orlov ini sering kali memasok senjata buatan Israel kepada orang – orang Islam. Dia juga menjual peluru buatan orang komunis kepada kaum fasis. Pada intinya, Yuri Orlov adalah pedagang kematian yang tidak berpihak. Di dalam pikirannya, hanyalah, dia bisa mendapatkan penghasilan dari penjualan senjata ini. Semakin banyak pihak – pihak yang memesan senjatanya maka semakin besar pula penghasilan Yuri Orlov.

Kali ini, saya akan menulis tentang Vitaly Orlov, ya? Walau, ada tulisan tentang Yuri juga. Tentu saja dengan versi suka – suka saya. Hehehehehe. Mengapa saya akan menulis tentang Vitaly Orlov? Mengapa pikiran Vitaly menjadi kacau? Mengapa Vitaly bisa kecanduan kokain dan lain sebagainya? Mari kita simak tulisan tentang Vitaly Orlov versi suka – suka saya!

Vitaly Orlov merupakan tokoh fiksi di Film Lord Of War ( 2005 ), sudah lama sekali ya film ini? Pertama kali saya menonton film ini, film ini ditayangkan oleh salah satu stasiun tivi swasta di Indonesia. Saya menonton film ini dua tahun setelah film ini beredar. Waktu itu saya sedang begadang untuk mengerjakan tugas. Tapi sayangnya, saya hanya kebagian akhir film ini. Tapi, beberapa tahun kemudian, ketika saya melihat stasiun tivi luar negeri yang setiap hari menayangkan film, saya melihat film Lord Of War ini ditayangkan di stasiun tivi tersebut. Beberapa kali, saya melihat tayangan ulang film Lord Of War di stasiun tivi luar negeri itu.Tapi sayangnya, film Lord Of War diterjemahkan ke dalam huruf mandarin. Walhasil, saya hanya 50 % memahami jalan cerita dan isi film yang ingin disampaikan. Tapi itu tidak masalah bagi saya karena yang terpenting adalah saya bisa melihat wajah Vitaly Orlov. Hahahaha!

Tapi beberapa waktu yang lalu, saya berkunjung ke rumah saudara. Saudara saya itu memiliki beberapa koleksi film. Yah, mungkin itulah yang disebut dengan jodoh. Saya menemukan film Lord Of War di kamar saudara saya tersebut. Dengan penuh semangat, saya pinjam film tersebut. Setelah saya sampai di rumah, saya tonton film tersebut. Syukur Alhamdulillah karena film tersebut diterjemahkan dengan tulisan Bahasa Indonesia. Yah, walau mungkin tidak 100%  saya bisa memahami isi dan pesan film tersebut. Tapi, paling tidak, daya pemahaman saya tentang film tersebut meningkat dari sebelumnya.

Vitaly Orlov berasal dari Odessa, Ukraina. Sebenarnya dia orang bingung sama dengan kakaknya, hanya saja dia belum mengetahui kebingungannya itu. Tapi pada akhirnya, Yuri Orlov tidak merasa bingung dengan hidupnya karena tiba – tiba ia menemukan jalannya. Ia mendapat ide untuk menjual senjata karena ia terinspirasi dengan para mafia di Ukraina. Tapi, ia tidak ingin menjual senjata di Ukraina karena di ukraina banyak sekali saingannya. Ia pun memilih berhijrah ke Amerika. Niatnya ini disampaikan kepada adiknya yaitu Vitaly Orlov. Sebenarnya, Vitaly Orlov menolak ajakan kakaknya itu. Tapi, Vitaly adik yang cukup baik. Pada akhirnya, ia mau juga setelah dia dibujuk oleh kakaknya. Menurut saya, Vitaly Orlov ini salah satu contoh orang yang baik, tidak tegaan dan memiliki rasa kepedulian tapi ia tidak bisa menolak apa yang selalu dikatakan oleh kakaknya.

Vitaly dan Yuri pun berdagang senjata hingga ke berbagai negara. Mereka saling bahu membahu dalam menjalankan bisnis senjata. Pemesan senjata dagangan Yuri dan Vitaly ini bukan sembarang orang. Mereka adalah para petinggi di dunia militer dan orang – orang bengis yang disebut dengan pemimpin. Hingga pada suatu ketika, ada mafia yang membeli senjata milik Yuri. Mafia ini membayar Yuri dengan menggunakan bergepok – gepok kemasan berisi kokain. Nah, mulai saat itu, awal – awalnya, Vitaly dan Yuri mencoba kokain tersebut. Yuri tidak kecanduan setelah mencoba kokain tersebut tapi Vitaly kecanduan berat dengan barang tersebut. Sejak kecanduan kokain, Vitaly menjadi kacau. Hingga pada akhirnya, ia dibawa pulang kembali ke Ukraina oleh Yuri. Dan, Vitaly masuk ke pusat rehabilitasi.

Vitaly Orlov sering menjadi penyelamat bagi Yuri. Salah satunya, ketika seorang polisi bernama Jack Valentine berhasil mencium bisnis abu – abu Yuri. Vitaly ikut membantu mengaburkan barang bukti ribuan senjata yang dibawa oleh kapal. Kapal itu membawa senjata yang akan diselundupkan oleh Yuri. Ah, pokoknya, Vitaly itu adik yang baik. Hehehe.

Yuri dan Vitaly tidak pernah mengatakan bisnis mereka itu kepada orang tua mereka. Bahkan, istri Yuri juga tidak tahu bisnis suaminya itu. Yang ia tahu, semua kebutuhan dan kemewahan disediakan semua oleh Yuri. Tapi pada akhirnya, istri Yuri tahu semua bisnis suaminya karena Jack Valentine memberitahu hal itu kepada istri Yuri. Lalu, Istri Yuri pergi meninggalkan Yuri karena ia merasa dibohongi selama bertahun – tahun. Ia pergi dengan membawa anak laki – laki mereka yang diberi nama Nikki.

Kembali ke cerita Vitaly….

Hingga pada suatu ketika, Vitaly Orlov telah bersih dari kecanduan kokain. Ia berniat menata hidupnya kembali. Ia melanjutkan bisnis restoran makanan milik keluarga Orlov. Akan tetapi, tiba – tiba Yuri datang, ia membujuk Vitaly untuk berdagang senjata lagi. Mula – mula Vitaly menolak, tapi Yuri terus membujuk hingga akhirnya, Vitaly lagi – lagi tidak bisa menolak ajakan kakaknya tersebut.

Mereka pun pergi ke Afrika, ada salah satu pemimpin yang ingin membeli senjata Yuri dengan harga yang menggiurkan. Disana, senjata mereka di bayar dengan menggunakan batu berharga. Tapi, pada saat Vitaly melihat sebuah tenda – tenda berisi manusia – manusia. Ia melihat  beberapa anak buah pemimpin tersebut membantai seorang ibu dan seorang anak hingga meninggal dunia. Yah, karena pernah saya sebutkan Vitaly itu orang yang baik, tidak tegaan dan punya rasa kepedulian. Maka, ia menyuruh Yuri untuk membatalkan transaksi karena senjata – senjata itu akan digunakan untuk membantai orang – orang menentang si pemimpin.

Yuri tak mau membatalkan transaksi karena jika transaksi batal maka Yuri dan Vitaly akan dibunuh. Lalu, Yuri pun membujuk Vitaly. Vitaly pun mau dibujuk oleh kakaknya itu. Tapi, ia menyimpan sesuatu di otaknya. Ia memiliki pikiran yang tidak diketahui Yuri. Yuri kembali bernegosiasi dan ia sibuk memeriksa keaslian batu permata yang ada didepannya. Ketika Yuri sedang sibuk memeriksa batu permata tersebut, Vitaly melakukan hal yang tidak disangka – sangka. Ia mengambil beberapa granat lalu satu granat dilemparkan ke arah truk yang membawa beratus – ratus senjata. Satu truk berisi senjata hancur karena dilempar granat oleh Vitaly. Akan tetapi, saat Vitaly berniat melempar granat lagi ke satu truk yang masih tersisa, dia ditembaki oleh anak buah si pemimpin. Dan, Meninggallah Vitaly Orlov. Yang paling mengharukan adalah Vitaly masih berusaha untuk menghancurkan truk yang tersisa walau ia dalam keadaan sakaratul maut. Ia masih berusaha menghancurkan senjata supaya pembantaian manusia tidak terjadi.

Setelah vitaly mati, agen polisi Jack Valentine berhasil menangkap Yuri. Tapi Yuri bilang kepada Jack jika tindakan Jack itu percuma. Yuri yakin ia akan dibebaskan, keyakinan Yuri itu sama yakinnya dengan Jack Valentine yang yakin Yuri akan dihukum seumur hidup. Benar apa yang dikatakan Yuri, Yuri dibebaskan oleh kepala agen polisi. Karena ternyata kepala agen polisi itu adalah pelanggan Yuri. Jika yuri dihukum lantas siapa yang akan memasok senjata? Oleh karena itu, Yuri pun bebas. Setelah bebas, Yuri hidup sendiri. Kedua orang tua Yuri tidak mengakuinya sebagai anak lagi. Ia juga ditinggal oleh istri dan anaknya. Dan tentu saja, ia ditinggal oleh sang adik yang selalu menyertainya kemana – mana.

Berikut ini kata – kata yang Saya suka di Film Lord Of War ( Pakai Bahasa Indonesia )

1.

Yuri Orlov, “Awas Anjing? kau tak punya anjing. Kau mau menakuti orang?”

Vitaly Orlov, “ Tidak. itu untuk menakutiku. Mengingatkan aku untuk waspada pada anjing di dalam diriku. Anjing yang menguasai semua yang bergerak dan membunuh anjing yang lebih lemah. Aku rasa itu untuk mengingatkan aku untuk lebih manusiawi.”

2.

Aku selalu ingin lakukan sesuatu yang besar pada diriku. Aku cuma tidak tahu apa itu?

_Yuri Orlov_

3.

Yuri Orlov, “ Aku sudah mencicipi borscht buatanmu. Kau bukan koki. Aku bisa makan di restoran kita gratis. Tapi, tetap saja aku tidak makan di sana.”

Vitaly Orlov, “ Sialan kamu.”

Yuri Orlov, “ Kita tidak berbuat apa – apa terhadap hidup kita.”

Vitaly Orlov, “ Memang benar. Tapi, mungkin tidak berbuat apa – apa lebih baik daripada lakukan ini.” (maksudnya menjual senjata)

Yuri Orlov, “ Aku membutuhkanmu. Kakak beradik bahu membahu.”

Vitaly Orlov, “ Kakak beradik bahu membahu.” ( Yah, memang sesama saudara kakak beradik memang harus saling bahu membahu) Akan lebih baik lagi jika bahu membahu dalam kebaikan.

4.

Kau tahu siapa yang akan mewarisi bumi ini? Pedagang senjata. Karena semua orang yang lain sibuk saling membunuh. Itu adalah rahasia untuk bertahan hidup. Jangan pernah berperang. Terutama dengan dirimu sendiri.

_Yuri Orlov_

Sebenarnya, masih banyak lagi kata – kata yang menggambarkan tentang dampak dari perang, dampak dari berdagang senjata dan kata – kata bermakna lainnya. Oleh karena itu, kalau ada waktu tontonlah Film Lord Of War. Film ini cukup bagus untuk menambah pengetahuan, walau pada awalnya saya menonton film ini karena ada Vitaly Orlov di film tersebut. Hahaha

Oiye, berikut ini pemeran tokoh – tokoh di Film Lord Of War.

Yuri Orlov ( Nicolas Cage )

Vitaly Orlov ( Jared Leto!!! )

Istri Yuri / Ava Fontaine ( Bridget Moynahan )

Jack Valentine ( Ethan Hawke )

dll

Nah itulah tulisan saya tentang Vitaly Orlov ( Lord Of War ). Kapan – kapan kalau ada waktu saya akan tulis tentang tokoh Hephaestion di Film Alexander. Insya Allah.

Sekian dan terimakasih.

4 thoughts on “VITALY ORLOV ( LORD OF WAR )

  1. ariohendra mengatakan:

    wah sama sy juga liatnya di global kalo gak salah, filmnya keren dan bikin pingin nonton terus. vitaly itu jared leto kan, tumben dia main film hehe

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kalender

September 2012
S S R K J S M
« Agu   Okt »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930

Top Rated

HTML hit counter - Quick-counter.net
free counters
free counters

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 15 pengikut lainnya

Blog Stats

  • 171,062 hits
%d blogger menyukai ini: