Sayangilah Bukumu!

Tinggalkan komentar

Juli 2, 2012 oleh nugraheniismyname

Sayangilah Bukumu!

Salam Pardes dan 5 Sahabat Hantu!

Sebuah buku pasti mengandung banyak nilai positif, pesan, pengetahuan, petunjuk hidup dan lain – lainnya yang bermanfaat bagi kita. Maksud buku di tulisan kali ini bukanlah buku tulis, buku gambar atau pun buku tulis tegak bersambung. Tapi, buku yang saya maksud adalah buku pelajaran, buku ilmu pengetahuan, buku fiksi, buku non fiksi dan buku – buku lainnya lainnya termasuk novel. Lain lagi dengan buku kitab suci, jika buku itu adalah kitab suci maka buku tersebut tak hanya harus disayangi tapi harus dijunjung tinggi sebagai pedoman hidup.

Kembali ke tulisan… 

Mengapa saya meminta pembaca yang budiman meminta untuk menyayangi buku yang telah pembaca miliki? Hal ini karena sebuah buku mengandung banyak sekali hal – hal yang bermanfaat dan merangsang kita untuk berpikir, merenung bahkan mengambil langkah selanjutnya. Bahkan terkadang sebuah buku bisa memberikan motivasi, inspirasi dan semangat baru bagi pembaca. Selain itu, untuk membuat sebuah buku diperlukan pengorbanan dan usaha yang lain dari pada yang lain. Mungkin, pembaca yang budiman bisa membaca sebuah buku hanya dalam beberapa jam saja. Tapi, buku yang dibaca dalam beberapa jam saja itu diperlukan waktu berbulan – bulan bahkan hingga bertahun – tahun untuk proses pembuatannya.

Pengarang dan penulis harus menemukan ide – ide sebelum menulis sebuah buku. Untuk menemukan sebuah ide tidaklah segampang membalikkan telapak tangan. Pengarang harus pergi jalan – jalan ke luar kota, pengarang harus melakukan penelitian, pengarang harus rajin mencari informasi di internet, bahkan pengarang harus semedi dan menyendiri untuk menemukan sebuah ide. Tapi tentu saja, semua itu dilakukan dengan sepenuh hati oleh para pengarang dan penulis buku.

Setelah pengarang / penulis menemukan ide untuk ditulis, mereka akan menuangkan penemuan mereka dengan mengetik / menulis serta menggambarkan ide – ide tersebut. Lalu, penemuan ide – ide itu dikembangkan menjadi sebuah untaian kata – kata supaya pembaca bisa memahami ide yang ditemukan penulis dan pengarang.

Apabila, ide yang dikembangkan itu telah menjadi sebuah naskah tulisan maka penulis / pengarang harus meneliti secara detail naskah tulisan yang telah jadi. Terkadang, ada banyak ide – ide yang bermunculan lagi sehingga penulis / pengarang harus menambahkan ide – ide baru pada naskah tulisan.

Untuk meneliti, menambahkan dan mengurangi naskah yang telah jadi diperlukan waktu yang cukup lama. Belum lagi jika kejenuhan, rasa bosan dan tekanan hidup menyerang penulis / pengarang maka penulis / pengarang harus berjuang keras untuk melawan hal – hal negatif yang bisa melumpuhkan semangat penulis / pengarang untuk terus menulis.

Proses tak berhenti sampai disitu, pengarang / penulis harus menawarkan naskah tulisan ke beberapa penerbit. Belum lagi jika naskah ditolak oleh satu penerbit maka pengarang / penulis akan mengirimkan ke penerbit lain. Terkadang, penulis / pengarang harus meneliti ulang naskah sebelum di tawarkan ulang ke penerbit lain. Jika mampu, ada baiknya penulis / pengarang itu menerbitkan bukunya sendiri secara indie.

Sebuah buku juga ditulis dengan segenap hati dan jiwa oleh pengarangnya / penulisnya. Oleh karena itu, sayangilah buku yang telah berada di tangan kamu. Kalau bisa, buku yang kamu miliki di beri sampul dan diletakkan di rak buku. Tandailah kalimat – kalimat / paragraf yang tertulis di buku dengan pulpen warna atau stabilo warna apabila kalimat / kalimat tersebut bisa mendatangkan hal – hal positif dan bisa menambah pengetahuan serta petunjuk bagi kamu. Dan jangan lupa, apabila kamu ingin mengambil kutipan dari sebuah buku maka tulislah nama pengarang, judul buku dan halaman buku tersebut. Jangan pernah mencuri tulisan dari sebuah buku. Jangan membeli buku bajakan. Sayangilah dan cintailah buku mu seperti sang pengarang dan sang penulis yang sangat mencintai dan menyayangi apa yang ia lakukan dengan menuliskan ide – ide mereka untuk menjadi sebuah buku yang bermanfaat.

Sungguh sebuah penghargaan bagi pengarang / penulis jika ide – ide yang telah mereka tuangkan ke dalam sebuah buku bisa diketahui oleh dunia.

Sekian dan terimakasih. Teruslah membaca buku karena setiap isi buku pasti bertujuan untuk memberikan hal – hal positif bagi pembacanya. (kecuali buku yang menyesatkan itu lain lagi)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kalender

Juli 2012
S S R K J S M
« Jun   Agu »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Top Rated

HTML hit counter - Quick-counter.net
free counters
free counters

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 15 pengikut lainnya

Blog Stats

  • 171,062 hits
%d blogger menyukai ini: