Speak Your Mind! Diri Sendiri

2

April 28, 2012 oleh nugraheniismyname

Speak Your Mind! Diri Sendiri

Salam Pardes dan 5 Sahabat Hantu!

Diri sendiri merupakan dua kata yang menyimpan banyak misteri (itu menurut saya, entah jika menurut orang lain).

Salah satu hal yang menarik perhatian saya adalah sebagian orang yang menyakiti diri sendiri saat sebagian orang ini sedang merasa sedih, kecewa, terluka hatinya ataupun terpuruk.  

Ada sebagian orang yang sedang sedih, kecewa, terpuruk dan lain – lain, mereka memilih menyakiti diri sendiri seperti tidak mau makan, menyalahkan diri sendiri sepanjang waktu, tidak mau tidur (gejala ini disertai dengan susah tidur karena mereka memilih untuk meratapi nasib sepanjang malam). Lalu, tubuh orang yang mengalami hal ini akan menjadi kurus kering, pucat, sinar mata meredup dan ia seperti mayat hidup. Istilahnya, Dia telah mati di dalam kehidupan.

Ada lagi yang lebih ekstrim menyangkut diri sendiri, akibat dari kumpulan kesedihan, kumpulan kekecewaan dan kumpulan hal buruk mengakibatkan sebagian manusia membenci diri sendiri sekaligus membenci hidup ini, lalu mereka memutuskan untuk membunuh diri sendiri.

Untuk mencegah hal – hal diatas terjadi, maka sebagai manusia harus tetap bersyukur. Tapi, terkadang kesedihan, kekecewaan, terluka, trauma yang sangat berat membuat sebagian manusia belum mampu untuk bersyukur. Oleh karena itu, usahakan untuk bersyukur  untuk segala hal. Ketika kita kecewa, kita harus bersyukur. Ketika terpuruk, juga harus bersyukur .

Selain bersyukur, kita juga harus bersahabat dengan diri sendiri. Maksudnya, ketika ada kejadian yang membuat kita terpuruk. Maka janganlah kita menyakiti diri sendiri dan membenci diri sendiri. Hiburlah diri sendiri saat kita kecewa, saat kita terpuruk dan saat kita sedih. Jangan terlalu dipikirkan hal – hal yang membuat kita sedih, kecewa dan terpuruk. Tetap sabar, ikhlas dan tersenyum!lakukan hal – hal yang bisa membuat kita bahagia. Tapi, bagaimana jika sudah tidak ada hal lagi yang bisa membuat kita bahagia?  Pergilah ke psikiater untuk memeriksakan diri sendiri atau pergi ke tokoh agama untuk memberikan siraman rohani bagi diri sendiri.

Tapi bagaimana ya? Terkadang, sebagian manusia bahkan protes kepada Tuhan akibat Tuhan memberikan kesedihan dan kekecewaan yang berlipat – lipat. Jika hal ini sudah terjadi, jangan biarkan setan mengendalikan diri sendiri! Lalu bagaimana caranya, tetap berpikir jika diri kita sendiri adalah manusia yang berguna. Jangan sia – siakan diri sendiri untuk meratapi nasib. Semakin kita terpuruk maka semakin rapuhlah diri kita sendiri. Dan Setan akan lebih mudah menguasai manusia yang putus asa akan hidup. Jangan biarkan setan menguasai jiwa kita!

Oleh karena itu, marilah bersahabat dengan diri sendiri! Sayangi diri sendiri! Hibur diri sendiri! Buatlah tersenyum untuk diri kita sendiri. Hidup diri sendiri! Tetap berjuang untuk diri sendiri! Karena apa yang kita lakukan di dunia ini bukan untuk orang lain melainkan untuk diri sendiri.  Bahkan Tuhan pun bersabda jika Tuhan tidak akan mengubah nasib kita jika kita tidak berusaha untuk berubah. Jika kita sedang terpuruk dan bersedih, maka ubahlah diri kita untuk menjadi bahagia. Jangan biarkan diri sendiri berkubang kesedihan dan kekecewaan.

Tapi, walaupun kita harus bersahabat dengan diri sendiri dan kita juga harus melindungi diri sendiri tapi jangan sampai berlebihan. Karena, jika kita terlalu menyayangi diri sendiri secara berlebihan maka bisa berakibat menjadi egois dan narsis. Karena sesuatu yang berlebihan juga di larang oleh Tuhan.

Tetap berjuang untuk kebahagiaan diri sendiri! Jangan sampai kita dikalahkan oleh keterpurukan! Jangan sampai juga kita diperbudak oleh kesedihan, kekecewaan dan keterpurukan. Jadikan diri kita ini manusia yang hebat! Apapun yang telah terjadi dalam hidup dan apapun itu membuat kita terpuruk, anggap saja sebagai rongsokan dalam hidup kita. Kita harus tetap berjalan dengan diri kita sendiri untuk terus menjalani hidup ini. Hidup diri sendiri!

Pesan dan saran

Jika anda merasa terpuruk maka berdoalah dan memohon kekuatan dari Tuhan. Setelah itu, bernyanyilah dengan mendengarkan lagu. Tapi, jangan sekali – kali mendengarkan lagu yang cengeng sekaligus menyesatkan. Saran saya, dengarkan lagu yang membuat anda bersemangat untuk terus hidup. Jika bernyanyi belum cukup, pilih hari yang tepat untuk berlibur ke pantai. Kalau sudah sampai di pantai, tatap laut selama mungkin. Maka, pikiran yang membebani agak sedikit berkurang. Itu menurut saya.🙂🙂🙂

Sekian tulisan dari saya, maaf apabila tulisan ini banyak kekurangan apalagi malah bisa membuat bingung. Tapi, suka – suka saya untuk menulis apa yang ada di pikiran saya.🙂🙂🙂

2 thoughts on “Speak Your Mind! Diri Sendiri

  1. kinaqinsan mengatakan:

    Terkadang sulit untuk bisa bersahabat dengan kesendirian itu, tetap saja ada perasaan merasa tidak berguna tapi memang benar bahwa mencintai diri sendiri lah jawabannya. Sulit dan butuh usaha yang ekstra agar bisa menjadi diri sendiri tanpa terpengaruh pikiran negatif dari lingkungan sekitar. Artikel disini penuh inspirasi🙂

    Suka

    • nugraheniismyname mengatakan:

      Ya benar. Mencintai diri sendiri dan bersyukur pada Tuhan. Ada pepatah mengatakan, lebih baik menanam berbagai macam bunga di taman kita sendiri daripada menunggu orang lain memberikan bunga pada kita. Oleh karena itu cintai dan sayangi diri sendiri. Tetap semangat dan terimakasih sudah berkunjung.🙂

      Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kalender

April 2012
S S R K J S M
« Mar   Mei »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  

Top Rated

HTML hit counter - Quick-counter.net
free counters
free counters

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 15 pengikut lainnya

Blog Stats

  • 171,062 hits
%d blogger menyukai ini: