Speak your mind! Hidup yang Melelahkan

3

Maret 21, 2012 oleh nugraheniismyname

 Hidup yang Melelahkan

Apakah Anda pernah merasa lelah dengan hidup ini? Berdasarkan pengamatan saya, hal-hal seperti inilah yang membuat lelah hidup.

Rasa sendiri

Rasa sendiri bisa muncul akibat kita merasa tak ada orang yang bisa membantu dan menemani kita, bahkan orang tua, sahabat, saudara tidak bisa membantu dan menemani kita. Bahkan terkadang, ada pikiran, jika Tuhan pun enggan membantu kita keluar dari segala kesulitan hidup padahal kita sudah berusaha setengah mati untuk keluar dari penderitaan hidup.

Sebagai contoh, orang tua selalu minta bantuan kita, saudara selalu meminta bantuan kita, sahabat selalu meminta bantuan kita untuk mengatasi masalah-masalah yang mereka hadapi. Kita selalu membantu mereka. Tapi, saat kita berada di dalam kesulitan dan masalah, tak ada orang yang bisa dan tak ada orang yang mau membantu kita mengatasi masalah hidup yang kita alami. Sehingga hal ini membuat kita merasa sendiri hidup di dunia ini karena apa-apa harus diatasi seorang sendiri. Kita pun merasa terabaikan….

Kegagalan

Manusia diwajibkan untuk berusaha sekeras mungkin untuk berjuang di dalam kehidupan ini. Akan tetapi, kita selalu saja gagal, gagal dan gagal. Entah itu kegagalan usaha, kegagalan cinta, kegagalan dalam bekerja, kegagalan dalam rumah tangga dan gagal-gagal lainnya. Ditambah lagi saat kita mengalami kegagalan, tak ada orang yang bersedia meminjamkan bahunya untuk kita bersandar. Kita harus menghadapi kegagalan itu seorang diri, tanpa ada orang yang menyemangati, tanpa ada orang yang menemani dan tanpa ada orang yang mengerti.

Hidup yang monoton dan membosankan

Hidup dan rutinitas yang monoton dan membosankan juga bisa menyebabkan lelah. Misalnya,

  • Bagi para pekerja-> bangun pagi, bekerja, pulang kerja, tidur, bangun pagi, kerja lagi dan seterusnya.
  • Bagi pelajar-> bangun pagi, berangkat sekolah, pulang sekolah, les, pulang rumah, belajar, tidur, bangun pagi lagi dan seterusnya

Bagaimana untuk mengatasi hal-hal diatas?

Cara supaya kita tidak merasa sendiri di dunia ini adalah

  • Cintailah diri kita sendiri, jangan pernah menyakiti diri kita sendiri walau kita tersakiti oleh orang-orang di sekeliling kita.
  • Bahagiakanlah diri sendiri walau kita sedang terpuruk hebat. Semangati diri sendiri!
  • Kerjakanlah apa yang bisa membuat diri sendiri bahagia!
  • Pada intinya, bersahabatlah dengan diri kita sendiri. Orang lain, sahabat, saudara, orang tua tidak ada yang bisa menolong diri kita. Kitalah yang harus menolong diri kita sendiri!

Cara untuk mengatasi kegagalan

  • Tetap berusaha walau kita tak punya kekuatan lagi
  • Tetaplah bermimpi dan berharap walau itu hanya mimpi dan harapan! Kadang orang lain mengatakan jika kita tidak boleh terlalu bermimpi dan berharap. Apalagi mimpi dan harapan kita itu semu! Tapi, tetap yakin, percaya, berusaha dan berdoa jika mimpi dan harapan semu itu bisa menjadi mimpi yang nyata! Sudah banyak orang membuktikan hal ini. Tetap berusaha walau kita selalu gagal! Tuhan selalu bersama kita. Kita harus berprinsip bahwa kita tidak akan bisa dihentikan oleh siapapun dan oleh apapun termasuk kegagalan!
  • Tunjukkan kekuatan, potensi, bakat, ilmu, akal yang kita punya! Jadi, saat kita gagal pada suatu hal, kita masih bisa menunjukkan potensi, bakat lain dari diri kita. Kata kegagalan bagi sebagian orang itu berbeda pandangan, karena manusia itu diberi kelebihan dan kelemahan masing-masing. Misalnya untuk pelajar, kita tidak bisa matematika bukan berarti kita ini pelajar gagal. Mungkin, kita mahir dalam bermusik, kita mahir dalam bidang olah raga dan lain-lain. Hanyalah orang dengan akal dangkal jika mereka mengatakan kita bodoh hanya karena kita tidak bisa dan tidak suka dengan matematika, fisika, kimia dan lain-lain. Misalnya untuk orang yang kuliah, kita sering dibilang bodoh hanya karena IP kita jelek. Padahal sebenarnya, kita pandai berorganisasi, kita pandai menggambar peta, kita pandai membuat desain, kita pandai berwirausaha dan lain-lain.

Cara untuk mengatasi hidup yang monoton dan membosankan

  • Berlibur ke tempat jauh yang ingin anda kunjungi sejak lama
  • Mengerjakan hobi yang telah lama terlupakan
  • Pada intinya, bahagiakanlah diri kita sendiri dengan cara kita sendiri. asalkan kita mencari kebahagiaan sesuai dengan ajaran agama dan tidak merugikan orang lain.

Sekian dan terimakasih. Apabila ada salah-salah mohon dimaafkan… Saya hanya menuliskan apa yang saya pikirkan agar beban otak saya sedikit berkurang.

3 thoughts on “Speak your mind! Hidup yang Melelahkan

  1. dearKUR mengatakan:

    artikel nya menarik,
    coba dikirim ke media, pasti diterima🙂

    Suka

  2. kinaqinsan mengatakan:

    setuju sama tulisannya karena memang dengan 3 kondisi itu aku sering merasa hidup ini membosankan dan monoton terlebih tidak ada teman yang bisa selalu ada bersama aku. tipsnya mau dicoba nih. nice info.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kalender

Maret 2012
S S R K J S M
« Feb   Apr »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Top Rated

HTML hit counter - Quick-counter.net
free counters
free counters

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 15 pengikut lainnya

Blog Stats

  • 171,062 hits
%d blogger menyukai ini: